Text
PELAKSANAAN PENDIDIKAN TAHFIDZUL AL-QUR’AN DI LANGGAR RUMAH SINGGAH AL-ISLAM PERUMAHAN PERMATA SELONG PERMAI SAMPANG
ABSTRAK
Mohammad Hafid, 2018, pelaksanaan pendidikan tahfidzul Al-Qur’an di Langar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang, Skripsi, Program Studi PAI Jurusan Tarbaiyah, STAIN Madura, Pembimbing : Drs. H. Saiful Arif, M.Pd
Kata Kunci : Pendidikan, Tahfidzul Al-Qur’an
Ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa yang memotivasi pengasuh Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai SampangdalammenyelenggarakanpendidikanTahfidzul Al-Qur’an; kedua, metode apa yang digunakan dalam pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an di Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang; ketiga, Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan Pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an di Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumberdata diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kyai, nyai, ustad, ustadzah, santri dan wali santri LanggarRumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, yang memotivasipengasuh Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai SampangdalammenyelenggarakanpendidikanTahfidzul Al-Qur’an, adalaha) seruan Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Alaq ayat 1, b) seruan Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Qomar ayat 20, seruan Allah dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 79, c) seruan Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Fatir ayat 32,d) Al-Hadits tentang kewajiban menyampaikan islam ” Ballighu anni walau ayah “,e) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu Al-Qur’an memberikan syafa’at kepada penjaganya, f) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu penghafal Al-Qur’an akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda,g) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu menjadi keluarga Allah, h) digolongkan sebagai orang-orang pilihan yang mulia bersama Nabi dan Syuhada, i) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu akan dipakaikan mahkota kehormatan dan jubah karamah serta mendapat keridhaan Allah, j) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu dapat memberi syafa’at kepada keluarganya, k) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu derajat syurga bergantung dari banyaknya kuantitas dan kualitas pengamalan dari hafalan Al-Qur’an, l) cita-cita yang sudah tertanam sejak Madrasah Tsanawiyah, m) sebagai bentuk untuk meneruskan keinginan orang tua dan sebagai wujud bakti kepadanya,n) sebagai ikhtiar untuk membumikan Al-Qur’an; Kedua, Metode yang digunakan dalampelaksanaanpendidikanTahfidzul Al-Qur’an di Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampangyaitu metode Jama’ah atau pengelompokan dan One Day AyatAl-Qur’an; Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an adalah a) dukungankyai,b) Kesabaran ustad dan ustadzah dalam mengajar, c) penggunaan media pembelajan, pemberian reward¬, d) adanya prinsip-prinsip pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an yang jelas,dan e) sering melakukan pengulangan hafalan di rumah
. Adapun faktor penghambat Pelaksanaan pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an di Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang yaitu a) ketidakdisiplinan guru atau ustad, b) minimnya sebagian minat santri, c) santri yang sering terlambat,d) ketidakkonsistenan dalam sistem kepengurusan langgar,dan e) tidak mendengarkan nasihat orang tua dalam menghafalkan Al-Qur’an.
Tidak tersedia versi lain