Text
PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL ISLAMI MELALUI METODE BBM (BERMAIN, BERCERITA DAN MENYANYI) PADA SISWA DI RAUDLATUL ATHFAL I’ANATUS SHIBYAN BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
AshfiyatunNisa’, 2018, PenanamanNilai-Nilai Moral IslamiMelaluiMetode BBM ( Bermain, Bercerita Dan Menyanyi) padasiswa di RA. I’anatusShibyanBlumbunganLaranganPamekasan, Skripsi, JurusanTarbiyah, Program StudiPendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Madura, pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci: Nilai-NilaiMoralIslami, MetodeBermain, BerceritadanMenyanyi
SkripsiinimenjelaskanTentangPenanamanNilai-Nilai Moral IslamiMelaluiMetode BBM (Bermain, Bercerita Dan Menyanyi) PadaSiswa Di RA.I’anatusShibyanBlumbunganLaranganPamekasan.Dalampenelitianiniadabeberapamasalah yang di bahasolehpeneliti, pertama, tentangpelaksanaanpenanamannilai-nilai moral islamimelaluimetodebermain, berceritadanmenyanyi di RA.I’anatusShibyanBlumbunganLaranganPamekasan.Kedua, kendala-kendalapendidikdalammenanamkannilai-nilai moral islamimelaluimetodebermain, berceritadanmenyanyipadasiswa di RA.I’anatusShibyanBlumbunganLaranganPamekasan.Ketiga, efektivitaskeberhasilanmetodebermain, berceritadanmenyanyidalammenanamkannilai-nilai moral islamipadasiswa di RA.I’anatusShibyanBlumbunganLaranganPamekasan.
Penelitianini menggunakanpendekatankualitatifdenganjenisdeskriptif, teknik yang digunakandalamprosedur pengumpulan data ialahwawancara, observasidandokumentasi. Informannyaadalahkepalasekolahdan guru RA.I’anatusShibyanBlumbunganLaranganPamekasan.Sedangkanpengecekankeabsahan data dapatdilakukanmelaluiperpanjanganpengamatan, ketekunanpengamatandantriangulasi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanpenanamannilai-nilai moral islamimelaluimetodebermain, berceritadanmenyanyi di RA.I’anatusShibyanBlumbunganLaranganPamekasanyaitudengancaramemadukandenganpolapembiasaansepertimembiasakanbersalamanketikamaumasukmaupunkeluar kelas, membiasakanmembacaAsmaulHusnadenganmetodebernyanyisebelummelaksanakanpembelajaran, danmembiasakanmembacado’asebelumdansesudahpelajarandimulai, adapunlangkah-langkahdalampelaksanaanmetodetersebutadatigatahap, yang pertama, persiapan, tahapkedua, kegiataninti, ketiga, penutupSedangkankendala-kendalapendidikdalammenanamkannilai-nilai moral islamimelaluimetodebermain, berceritadanmenyanyipadasiswa di RA. I’anatusShibyanBlumbunganLaranganPamekasanyaitukurangnyakonsentrasisiswadankurangnyakerjasamaantara guru dan orang tua. Sedangkanefektivitaskeberhasilanmetodebermain, berceritadanmenyanyipadasiswa di RA.I’anatusShibyanBlumbunganLaranganPamekasanyaitubisadikatakanefektifkarenaanakusia 4-6 tahunlebihmudahmemahamipesan-pesan moral yang disampaikanoleh gurumelaluimetode BBM (bermain, berceritadanmenyanyi) sepertianak –anak di latihuntukmandirisertabertanggungjawab.
Tidak tersedia versi lain