Text
UPAYA GURU PAI DALAM MENGHADAPI PERBEDAAN INTELEGENSI SISWA DI SMP NEGERI 2 PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Fajar Santoso, 2018, Upaya Guru PAI dalam menghadapi Perbedaan Intelegensi Siswa di SMP Negeri 2 Pademawu, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M.Ag.
Kata kunci: Upaya Guru PAI, Intelegensi Siswa.
Belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang bernilai edukatif, interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia pendidikan tentunya setiap siswa mempunyai tingkat intelegensi yang berbeda, sehingga dengan hal ini diperlukan upaya guru untuk menghadapi perbedaan tersebut guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Berdasarkan hal tersebut ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana upaya guru PAI dalam menghadapi perbedaan intelegensi siswa di SMP Negeri 2 Pademawu, kedua, faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam menghadapi perbedaan intelegensi siswa di SMP Negeri 2 Pademawu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa di SMP Negeri 2 Pademawu. Sedangkan pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru PAI dalam menghadapi perbedaan intelegensi siswa di SMP Negeri 2 Pademawu yaitu dilakukan dengan memotivasi dalam bentuk pemberian hadiah, hukuman serta pendekatan pembelajaran. Sedangkan bentuk upaya yang dilakukan guru PAI yaitu dengan penggunaan variasi metode mengajar yang bertujuan untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan bagi siswa dalam belajar serta melakukan pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami tingkat intelegensi masing-masing siswa. Kedua, faktor pendukung upaya guru PAI dalam menghadapi perbedaan intelegensi yaitu minat belajar siswa, karena dengan minat siswa lebih antusias dalam kegiatan belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu perbedaan intelegensi siswa.
Tidak tersedia versi lain