Text
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS. AL FALAH AL ISLAMI BANCELOK JRENGIK SAMPANG
ABSTRAK
Uswatun Hasanah, 2018, Implementasi strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) pada mata pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs. Al Falah Al Islami Bancelok Jrengik Sampang, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M. Ag.
Kata Kunci: Peta Konsep (Concept Mapping), Mata Pelajaran Fiqih
Strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) merupakan cara belajar yang mengembangkan proses belajar bermakna untuk meningkatkan pemahaman siswa dan daya ingatnya. Strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) dipilih sebagai alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas berfikir siswa, dan dapat menimbulkan sikap kemandirian belajar yang lebih pada mata pelajaran fiqih. Namun, dalam implementasi strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) terdapat faktor pendukung dan penghambat keberhasilan siswa, sehingga perlu dilakukan penelitian agar implementasi strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) dapat lebih efektif dan efisien.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu Pertama, bagaimana implementasi strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs. Al Falah Al Islami Bancelok Jrengik Sampang. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) pada mata pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs. Al Falah Al Islami Bancelok Jrengik Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis inkuiri naturalistik. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) terdiri dari: (1) persiapan; memilih strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping), menyiapkan RPP, buku paket, materi dan perlengkapan seperti kertas karton dan spidol. (2) langkah-langkah implementasi; guru menyampaikan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, mengemukakan konsep tentang haji, membagi kelompok, menyuruh siswa untuk berdiskusi dari hasil peta konsep, menyuruh siswa untuk presentasi, memberikan kesimpulan, (3) hasil; munculnya perubahan-perubahan positif. Kedua, faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) adalah faktor pendukung : kemampuan guru, motivasi siswa dan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu, sarana dan prasarana yang tidak difungsikan.
Tidak tersedia versi lain