Text
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SAMPANG
ABSTRAK
Zainuddin, 2018, Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Madrasah Di MA Negeri Sampang, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Saiful Hadi, M. Pd
Kata Kunci :Supervisi Akademik, Kepala Madrasah
Misi utama supervisi pendidikan adalah memberi pelayanan kepada guru untuk mengembangkan mutu pembelajaran, memfasilitasi guru agar dapat mengajardengan efektif.Melakukankerjasamadengan guru atauanggota staff lainnyauntukmeningkatkanmutupembelajaran, mengembangkankurikulumsertameningkatkanprofesionalisasisemuaanggota.Supervisi merupakan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan teknis di sekolah, bukan sekedar pengawasan terhadap fisik material, melainkan pengawasan terhadap kegiatan akademik yang berupa proses belajar mengajar, pengawasan terhadap guru yang mengajar, aktivitasnya dilakukan oleh mengidentifikasi kelemahan-kelemahan pembelajaran untuk diperbaiki. Berdasarkan hal tersebut kemudian diadakan tindak lanjut yang berupaperbaikandalambentukpembinaan.Pembinaan merupakan sebuah pelayananterhadap guru dalammemperbaikikinerjanya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, mengapa diperlukan supervisi akademik oleh kepala madrasah di MAN Sampang; kedua, Bagaimana implementasi supervisi akademik oleh kepala madrasah di MAN Sampang;ketiga, Bagaimana hasil supervisi akademik oleh kepala madrasah di MAN Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah, Waka Kurikulum, serta beberapa Guru di MAN Sampang.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pentingnya pelaksanaan supervisi akademik ini peneliti menemukan bahwa: kepala madrasah menaruh harapan besar dalam program ini, yaitu untuk menjadikan guru yang lebih berkualitas. Supervisi akademik ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui kelemahan-kelemahan guru dalam pembelajaran di kelas, dan sebagai bahan akreditasi madrasah.Kedua, implementasi supervisi akademik oleh kepala madrasah di MAN Sampang menggunakantiga tahapan yaitu perencanaan, Pelaksanaan, dan evaluasi.Ketiga,Upaya pembinaan guru yang dilakukan oleh kepala madrasah setelah pelaksanaan supervisi bahwa pembinaan itu dilakukan secara personal kepada guru yang disupervisi yang melibatkan pengawas, kepala madrasah serta guru dan biasanya dilakukan diruangan kepala madrasah. Sedangkan proses pembinaan guru ini diawali dengan menjabarkan kesalahan-kesalahan yang terjadi selama pembelajaran, lalu diberikan contoh yang benar oleh pengawas.
Tidak tersedia versi lain