Text
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TEHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUMENEP
ABSTRAK
Ainul Yakin, 2018, Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mempelajari Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Sumenep, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah,
Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M.Ag
Kata Kunci: Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Minat Belajar Siswa dalam mempelajari mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah permasalahan dalam dunia pendidikan yakni kurangnya minat belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran pendidikan agama Islam hal itu dikarenakan adanya kesalahan guru dalam memilih strategi pembelajaran yang akan digunakan untuk menyampaikan sebuah materi pelajaran.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian topik dalam penelitian ini, pertama ada pengaruh strategi pembelajarn contextual teaching and learning dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sumenep. Kedua, sejauhmana pengaruh strategi pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Sumenep.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, yang diolahdenganmetodestatistik.Sedangkansifatnyaadalahkorelasi, yaitumencarihubunganantaravariabelindependen dan dependen, objek penelitian ini adalah guru dan siswa dan populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas XI IPS 2 dan sebagian XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sumenep yang seluruhnya berjumlah 50 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang merupakan instrumen utama (primer) dan juga observasi, wawancara, dokumentasi sebagai penunjang dari angket agar hasil penelitian yang diperoleh merupakan hasil penelitian yang valid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dari strategi pembelajaran contextual teaching and learning di dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Sumenep, dan tingkat hubungannya cukup signifikan. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang menunjukkan “r” kerja sebesar (0.604) lebih besar dari harga kritik product moment baik taraf signifikan 95% (0.297) maupun pada taraf signifikan 99% (0.361). dan setelah “r” kerja dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi, berada pada rentang antara 0.600 sampai dengan 0.800. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual di SMA Negeri 2 Sumenep bisa dikatakan sudah terlaksana dengan baik hal itu terbukti dari komitmen seorang guru di SMA Negeri 2 Sumenep yang begitu konsisten di dalam memberikan penjelasan tentang pendidikan agama Islam dimana setiap guru yang ingin melakukan pembelajaran di dalam kelas selalu diimbangi dengan alat peraga ataupun media pembelaran yang lain yang berfungsi untuk menunjang tercapainya proses pembelajaran yang baik. Selain itu tercapainya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual di SMA Negeri 2 Sumenep juga di dukung dengan koleksi refrensi yang cukup lengkap di perpustakaan sekolah.
Tidak tersedia versi lain