Text
PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMPNEGERI 2 BLEGA BANGKALAN
ABSTRAK
Shafatul Laili, 2018. Pengaruh pelaksanaan kurikulum 2013 materi pendidikan agama islam (pai) terhadap kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran diSMPNegeri 2 Blega bangkalan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci : Pelaksanaan kurikulum 2013 materi pendidikan agama Islam (PAI), terhadap kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran.
Skripsi ini tentang pengaruh pelaksanaan kurikulum 2013 materi pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) terhadap kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Blega Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh atau tidak ada pengaruh dalam pelaksanaan kurikulum 2013 materi pelajaran pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Blega Bangkalan.
Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi, yakni melihat bentuk pengaruh antara variabel-variabel yang di teliti yaitu pelaksanaan kurikulum 2013 materi pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPNegeri 2 Blega Bangkalan tahun pelajaran 2017/2018 kelas I dan II yang di ambil semua siswa yang di jadikan responden. Instrument penelitian yang di gunakan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan angket (kuesioner) dalam bentuk pilihan ganda.
Berdasarkan hasil penelitian, yakni penelitian yang di lakukan dengan cara menganalisis data hasil angket sebagaimana di atas menunjukkan hasil positif di karenakan nilai r kerja sebesar 0,848 lebih tinggi dengan dari nilai r tabel product moment baik dari interval 95% maupun pada interval 99% dimana N=85 menunjukkan nilai sebesar 0,213 dan 0,278.
Dan jelaslah bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 materi pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) sangat penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran di SMPNegeri 2 Blega Bangkalan dengan kualifikasi cukup tingkat signifikansinya. Hal ini terbukti dengan nilai r kerja setelah di konsultasikan pada tabel interpretasi product moment, nilai r kerja tersebut berada pada 0,800 sampai dengan 0,100 dengan demikian dapat di tegaskan bahwa kedua variabel di atas terdapat korelasi yang Tinggi.
Tidak tersedia versi lain