Text
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Siswa kelas IV Di SD Pakandangan Sangra kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep
ABSTRAK
Fransiska, Nila.2018. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-qur’an Bagi Siswa Kelas IV di SD Pakandangan Sangra Kecamatan Bluto Kabupaten sumenep.Skripsi, Program StudiPendidikan Agama Islam, JurusanTarbiyah, IAIN Madura ,Dosen Pembimbing Dr. Edi Susanto M. Fil. I
Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Baca tulis Al-Qur’an
Dalam rangka meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa disekolah dasar, diperlukan upaya-upaya guru khususnya disini adalah upaya guru pendidikan Agama Islam. karena Anak didik pada tingkat sekolah dasar masih sangat perlu bimbingan dalam baca tulis Al-Qur’an.
Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an,
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh Guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi Siswa kelas IV Di SD Pakandangan Sangra kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Serta untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Baca tulis Al-Qur’an , metode-metode yang di gunakan bahkan kendala yang dihadapi oleh Guru agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil objek di SDN Pakandangan Sangra, metode Wawancara, observasi partisipan serta dokumentasi digunakan dalam mengambilan data dilapangan. Sedangkan metode analisis yang digunakan deskriptif kualitatif yakni pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa: upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an tersebut, antara lain:Pertama pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru agama sudah secara terencana dan sistematis sehingga tujuan pengajaran dapat dikuasai oleh siswa secara efektif dan Efisien. Kedua upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an yaitu adanya pengembangan diri,memotivasi siswa, bimbingan belajar bagi siswa. Ketiga metode yang di gunakan dalam meningkatkan baca tulis metode iqro, metode remedi. Keempat kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an yaitu faktor orang tua yang kurang merespon dan memotivasi kepada Anak didik serta faktor dari teman sebaya.
Tidak tersedia versi lain