Text
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MEMAHAMI MATA PELAJARAN SKI DI MTS SUNAN KALIJAGA DESA LARANGAN LUAR KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Hasanah, 2018, Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Memahami Mata Pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga. Larangan Luar, Larangan, Pamekasan. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah , Pembimbing Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Mengatasi, Faktor, Kesulitan Belajar.
Kesulitan belajar merupakan suatu masalah yang patut diperhatikan karena hal ini menjadi menjadi kunci seberapa hasil dari pembelajaran. Guru sebagai indicator yang paling utama harus berperan aktif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Supaya tujuan dari pembelajaran yang sudah ditentukan sebelumnya dapat tercapai semaksimal mungkin
Dalam penelitian ini terdapat 2 fokus penelitian. Pertama, apa faktor penyebab kesulitan belajar siswa memahami mata pelajaran SKI di MTs Sunan kalijaga Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Kedua, bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa memahami mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Dalam peneitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sementara jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber data adalah Kepala Madrasah, Guru, dan Siswa. Dalam mendapatkan data peneliti menggunakan beberapa prosedur yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis data dengan reduksi data, data display (penyajian data), conclusion drawing/ verification. Untuk mendapatkan keabsahan data mengunakan perpanjang keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa memahami mata pelajar SKI di MTs Sunan Kalijaga Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan diantaranya : a) Faktor internal siswa yaitu faktor yang terjadi dari dalam individu, faktor tersebut tersebut adalah rendahnya minat belajar siswa, tingkat intelegensi siswa yang rendah, siswa sering tidak memperhatikan keterangan dari guru seperti berbicara sendiri dengan temannya, tidur di dalam kelas, siswa menganggap mata pelajaran SKI sulit dihafal. b) Faktor eksternal merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa, faktor tersebut adalah dari guru yaitu penggunaan metode yang menoton, dari orang tua siswa, yaitu kurangnya dukungan dari orang tua untuk belajar di rumah. (2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa memahami mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan diantaranya sebagai berikut: a) Guru melakukan pendekatan individual dengan siswa. b) Mengelola posisi duduk sebelum proses belajar mengajar di mulai. c) Memberikan tugas latihan kepada siswa agar siswa terbiasa mengulang kembali materi pelajaran yang telah diajarkan. d)Menfareasikan metode dengan meggunakan meode diskusi kelompok. e)Menumbuhkan motivasi dari orang tua berupa kerja sama antara pihak lembaga dengan orang tua dengan melaporkan kegiatan dan hasil belajar siswa melalui buku penghubung.
Tidak tersedia versi lain