Text
Manajemen Pendidikan (Tinjauandariaspek Planning dan Actuating) di Madrasah Diniyah Ula Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan,
ABSTRAK
Jamaluddin, 2018, Manajemen Pendidikan (Tinjauandariaspek Planning dan Actuating) di Madrasah Diniyah Ula Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan, Skripsi, FakultasTarbiyah, JurusanPendidikan Agama Islam, PembimbingDrs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata kunci: Manajemen Pendidikan.
Salah satu persoalan pendidikan yang sedang dihadapi bangsa kita adalah persoalan mutu pendidikan. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui brbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pembelajaran, perbaikan sarana prasarana pendidikan, dan meningkatkan mutu manajemen sekolah. Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan implementasi program pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadikajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:pertama, bagaimana perencanaan program pendidikan di Madrasah Diniyah Ula Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan;kedua, bagaimana pelaksanaan program pendidikan di Madrasah Diniyah Ula Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan; ketiga, bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pendidikan di Madrasah Diniyah Ula Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperolehmelaluiwawancara dan observasi.Informannyaadalahkepala madrasah dan Ustad maupun ustadzah.Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamatan, triangulasi, analisiskasusnegatifdanuraianrinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:pertama,perencanaan dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: a) mengumpulkan data dan mengelola data terlebih dahulu, b) mendiagnosisdanmenganalisis data, c) menentukansasarandantujuan, dan d) penyusunanperencanaa.. Dan yang terlibatdalamperencanaanprogram pendidikan, meliputi: kepala Madrasah, Pelindung, penasehat, WAKA Humas, WAKA Kurikulam, paradewanasatidmaupunustadzah. Untukwaktuperencanaanprogram pendidikaninidiadakanawaltahunajaranbarudanpadapertengahan semester.
Kedua, pelaksanaan program pendidikan di Madrasah Diniyah Ula Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasanmenggunakan tiga tahap, yaitu :a) tahap persiapan dengan meliputi bagaimana arah lembaga diarahkan, target apa yang akan dicapai,b) tahap pengaplikasian (aksi), dan c) tahapevaluasidan monitoring.
Ketiga, faktor Pendukung Pelaksanaan Program Pendidikan di Madrasah Diniyah Ula Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan,yaitu; a) faktor internal sendiri yang meliputi komunikasi terbuka, semangat serta keseriusan dari setiap komponen, dan b) faktor eksternal yang meliputi adanya dukungan serta respon yang baik dari wali santri dan masyarakat luar.
Faktor penghambat dari pelaksanaan program pendidikan di Madrasah Diniyah Ula Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan, yaitu ; 1) tidak meratanya tingkat pendidikan formal, 2) sulitnya kerjasama yang baik yang disebabkan adanya kesibukan di luar lembaga dari masing-masing dewan asatid, dan 3) kurangnya semangat dari dewan asatid yang tentunya itu lumrah dimiliki oleh setiap manusia.
Tidak tersedia versi lain