Text
STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SUMBER BELAJAR DI MAN 2 PAMEKASAN
Amiruddin,2018,Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Sumber Belajar Di MAN 2 Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. H.Muhammad Kosim,M.Ag
Kata kunci: Strategi, Mutu Pembelajaran,Sumber Belajar
Dalam kegiatan belajar-mengajar anak adalah sebagai subjek dan sebagai objek dari kegiatan pengajaran. Karena itu, inti proses pengajaran tidak lain adalah kegiatan belajar anak didik dalam mencapai suatu tujuan. Tujuan pengajaran tentu saja akan dapat tercapai jika anak didik berusaha secara aktif untuk belajar. Dari kontek strategi pembelajaran ini merupakan suatu strategi yang baik terhadap peningkatan mutu pembelajaran pendidkan agama islam saat ini, sebagaimana di terapkan di MAN 2 pamekasan. Sistem pendidikan di MAN 2 pamekasan dapat menerapakan strategi pembelajaran berbasis sumber belajar dalam upaya meningkatkan mutu pendidikannya.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Apa saja macam-macam sumber belajar yang di gunakan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pembelajaran berbasis sumber belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di MAN 2 pamekasan kedua, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis sumber belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di MAN 2 Pamekasan ketiga, Bagaimana strategi peningkatan mutu yang di gunakan melalui pembelajaran berbasis sumber belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di MAN 2 Pamekasan. Keempat, Apa saja hambatan yang di hadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam berbasis sumber belajar
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif, karena peneliti ingin mengetahui fenomina yang ada di lapangan dengan secara langsung. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data adalah guru PAI, siswa dan kepala MAN 2 pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekuanan pengamatan, triangulasi, dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) macam sumber belajar yang digunakan guru PAI terkait denagan Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Pamekasan, yaitu: buku peket, LKS, film, perpustakaan, slids, internet, jurnasl, masjid dan lain-lain. Sedangkan yang terlibat dalam menentukan sumber belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di MAN 2 Pamekasan, meliputi: kepala Madrasah, komite, para WAKA, guru dan siswa itu sendiri. Kesemuanya itu merupakan aspirasi yang bersumber dari semua elemem MAN 2 Pamekasan.2)Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Pamekasan, pelaksanaannya guru pertama kali menjelaskan peraturan yang akan dibahas, setelah itu guru akan memberi tugas kepada siswa baik itu berupa individu maupun kelompok, dann guru sendiri bersifat sebagai fasilitator sedang merupakan pusat dalam kegiatan pembelajran tersebut.3)Hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam berbasis sumber belajar di MAN 2 Pamekasan.kurangnya sarana dan prasana, kurangnya layanan internet disekolah dan lain-lain, untuk memcahkan hal tersebu guru mata pelajaran itu sendiri melakukan komunikasi yang baik dengan pemegang kebijakan setelah itu masih belum bisa diatasi guru menggunakan hpnya untuk dijadikan bahan menjadi sumber belajar.
Tidak tersedia versi lain