Text
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DARISSALAM BATUAMPAR GULUK GULUK SUMENEP
ABSTRAK
Ummul Istifada, 2018, Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darissalam Batuampar Guluk-Guluk Sumenep, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembingbing: Dr. Mohammad Thoha, M. Pd. I.
Kata Kunci: Upaya Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi Belajar Siswa.
Terdapat tiga hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana gambaran motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MTs Darissalam Batuampar Guluk-Guluk Sumenep. Kedua, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MTs Darissalam Batuampar Guluk-Guluk Sumenep. Ketiga, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MTs Darissalam Batuampar Guluk-Guluk Sumenep.
Dalam penelitian ini lokasi yang diambil di MTs Darissalam Batuampar Guluk-Guluk Sumenep, lalu data tersebut disajikan dalam bentuk laporan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah, Kepala Sekolah, Guru Sejarah kebudayaan Islam, dan siswa MTs Darissalam. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Dari hasil penelitian di laporan menunjukkan: Pertama, gambaran motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam yaitu motivasinya bagus karena guru SKI sangat bagus dalam mengolah pembelajaran di kelas, humoris, dan guru SKI sangat semangat dalam pengajaran. Kedua, upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam yaitu: 1) memberikan nasehat terlebih dahulu sebelum pelajaran maupun sesudah proses pembelajaran. 2) mengajar dengan mengaitkan antara materi dengan kehidupan sehari-hari. 3) membiasakan siswa belajar kelompok. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam, faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu: 1) Semangat belajar siswa. 2) kemampuan guru Sejarah Kebudayaan Islam. 3) peran serta kepala sekolah. 4) lingkungan belajar. Adapun faktor penghambatnya yaitu: 1) Akhlak siswa. 2) minimnya sarana dan prasarana. 3) kurangnya kontrol dari orang tua.
Tidak tersedia versi lain