Text
PERAN GURU DALAM MENGAKTUALISASIKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN
Abstrak
Rifqoh Noer Hajjah, 2018, Peran Guru Dalam Mengaktualisasikan Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dr. Zainol Hasan, M. Ag
Kata Kunci: Aktualisasi Nilai Pendidikan Karakter, Akidah Akhlak
Penelitian ini dilatar belakangioleh nilai pendidikan karakter yang ada pada mata pelajaran akidah akhlak yang ada di lembaga MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang dibahas oleh peneliti. Pertama, apa saja nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.Kedua bagaimana peran guru dalam mengaktualisasikan nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Ketiga,apa saja faktoryang mempengaruhi dalam mengaktualisasikan nilai pendidikan karakter pada matapelajaran akidah akhlak MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, sebagian guru, dan peserta didik MA Sumber Bungur, observasi dilakukan saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada mata pelajaran akidah akhlak, dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian dapat dipaparkan: Pertama, nilai pendidikan karakter yang diaktualisikan di MA Sumber Bungur Pakong adalah Siswa jabatan tangan dengan guru ketika berjumpa didalam kelas, maupun diluar kelas. Mempunyai perilaku yang sopan. Mempunyai kedisiplinan serta moral yang baik disetiap keseharinnya. Mampu menghargai satu sama lain ketika berada di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Menghormati yang lebih tua, menghormati guru. Kedua, peran guru dalam mengaktualisasikan nilai pendidikan karakter di MA Sumber Bungur Pakong yairu dengan melakukan evaluasi yang dilakukan didalam kelas. Memberikan pesan-pesan moral terhadap siswa.Memberikan penerapan dengan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-har. Mengantisipasi siwa dalam melakukan hal yang negatif menjadi perilaku positif. Ketiga, faktor yang mempengaruhi dalam mengaktualisasikan nilai pendidikan karakter di MA Sumber Bungur Pakong yaitu Dikarenakan perkembangan tekhnologi yang sudah modern.Kurangnya membaca dikarenakan pemahamanya yang minim.Pembelajaran yang hanya memfokuskan pada buku LKS. Saran peneliti dalam aktualisasi nilai pendidikan karakter di MA Sumber Bungur Pakong untuk lebih mengembangkan strategi dalam pemberian nilai pendidikan karakter terhadap siswa. Agar siswa mampu mengaktualisaasikan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain