Text
KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DALAM PENDIDIKAN (STUDI ANALISIS PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB DALAM BUKU MEMBUMIKAN AL-QUR'AN JILID 2)
ABSTRAK
Ibnu, 2018, Kepemimpinan Spiritual dalamPendidikan (StudiAnalisisPemikiran M. QuraishShihabdalamBukuMembumikan al-Qur`anJilid 2, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana STAIN Pamekasan, Pembimbing:Dr. Siswanto, M.Pd.Idan Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag.
Kata kunci: Kepemimpinan, spiritual, pendidikan, M. QuraishShihab.
Lembagapendidikan di tanah air menunjukkanpertumbuhan yang begitupesat, namuntidakdiimbangidenganperkembangandalamartikualitasnyamasihbelummenggembirakan. Hal inidapatditinjaudarikekuatankepemimpinan yang diterapkanpadasetiaplembagapendidikan. Kepemimpinan spiritual diyakinisebagaisolusiterhadapberbagaikrisiskepemimpinansaatini. MenurutM. QuraishShihab, kepemimpinanbukansekedarkontraksosialantaraseorangpemimpindenganmasyarakatnya, tetapijugamerupakanikatanperjanjianantarapemimpindengan Allah Swt., ataudengan kata lain kepemimpinanadalahamanatdarimasyarakatdandari Allah Swt.
Penelitianinidifokuskanpada: (1)Bagaimanakonsepkepemimpinan spiritual dalampendidikanmenurut M. QuraishShihabdalamBukuMembumikan al-Qur`an Jilid 2?; (2) Apasajanilai-nilaispiritualitaskepemimpinandalampendidikanmenurut M. QuraishShihabdalamBukuMembumikan al-Qur`an Jilid 2?; (3) Bagaimanaimplikasikonsepkepemimpinan spiritual dalampendidikanmenurut M. QuraishShihabdalamBukuMembumikan al-Qur`an Jilid 2 terhadapkepemimpinanpendidikan di Indonesia saatini?.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianpustaka. Sumberpenelitianterdiridarisumber primer dansekunder. Teknikpengumpulan data menggunakanteknikdokumenter. Sedangkananalisis data menggunakancontent analysisdenganpendekatanhermeneutika Schleiermacher.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa: (1)Konsepkepemimpinan spiritual dalampendidikanmenurut M. QuraishShihabadalahkemampuanseorangpemimpinpendidikanuntukmempengaruhipara petugaspendidikandengankecerdasanhatidanakalmelaluipemberianmotivasi, keteladanan, dandiskusi (musyawarah)sesuaidengannilai-nilaiajaran Islam,sebagaimanakepemimpinanrasulullah Saw. yang membawamisiketuhanan, misikemanusiaan, danmisirahmatanlil`alamīn,dalamrangkamencapaitujuanpendidikan yang telahditetapkan; (2)Nilai-nilaispiritualitaskepemimpinandalampendidikanmenurutpandangan M. QuraishShihabmeliputinilai-nilai yang menjadicore belief, core valuesdanfilosofibagipemimpinpendidikan, yang terdiridarinilaiamanah, keadilan, kebenaran, kewibawaandanketeladanan, keteguhan (istiqāmah), sertarendahhati. Semuanilaitersebutsalingmemilikiketerkaitan; (3) Implikasikonsepkepemimpinan spiritual dalampendidikanmenurutM. QuraishShihabterhadapkepemimpinanpendidikan di indonesiasaatini, dapatditinjaudariduahal: pertama, kemampuanseorangpemimpinpendidikandalammengembangkansikapdanmenciptakan proses spiritualisasipendidikan yang meliputi; spiritualisasitujuanpendidikan, spiritualisasikurikulum, spiritualisasi proses pembelajaran, danspiritualisasisubyekdidik. Kedua, kemampuanseorangpemimpin spiritual sebagaikepalasekolah yang memilikiperandankompetensitertentu, yaitusebagaipendidik, manajer, supervisor, pemimpin (leader), inovator, dan motivator.
Berdasarkanuraian di atas, tentangkonsepkepemimpinan spiritual dalampendidikanmenurut M. QuraishShihab, padadasarnyamerupakankepemimpinan yang dikehendaki Islam. Olehkarenaitu,dengankonseptersebutdiharapkandapatmenjadisumbanganpemikirandalammenyongsongmasadepanpendidikanmelaluikepemimpinanlembagapendidikan yang lebihberkualitasdanbermututinggi.Berhubung penelitian ini bersifat teoritis, maka terbuka peluang bagi penelitian selanjutnya untuk mengembangkan dan mengetahui sejauh mana peran kepemimpinan spiritual dalam wilayah praktis.
Tidak tersedia versi lain