Text
PENGARUH KEGIATAN PERATURAN BARIS BERBARIS TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI MTs. NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Rosi, Fahrur. 2018. Pengaruh kegiatan Peraturan Baris-Berbaris terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pramuka Di MTs Negeri 1 Pamekasan. Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Kedisiplinan Siswa.
Pendidikan yang di selenggarakan oleh Gerakan Pramuka merupakan pendidikan nonformal, yaitu pendidikan yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan keluarga dan di luar lingkungan pendidikan sekolah. Namun pendidikan kepramukaan itu merupakan penunjang bagi pendidikan di sekolah ataupun dalam lingkungan keluarga, antara lain mengenai disiplin, keterampilan, persaudaraan, bakti terhadap masyarakat, dan pembentukan watak
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah ada Pengaruh kegiatan Peraturan Baris-Berbaris terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pramuka Di MTs Negeri 1 Pamekasan?; (2) Seberapa besar Pengaruh kegiatan Peraturan Baris-Berbaris terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pramuka Di MTs Negeri 1 Pamekasan?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah. 1. Mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan Peraturan Baris-Berbaris terhadap kedisiplinan belajar siswa dalam kegiatan pramuka di MTs Negeri 1 Pamekasan; 2. Mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan Peraturan Baris-Berbaris terhadap kedisiplinan belajar siswa dalam kegiatan pramuka di MTs negeri 1 Pamekasan.
Peneliti dalam hal ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan kelas VIII sejumlah 382. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik Random Sampling. Peneliti mengambil sampel sebanyak 10% dari jumlah siswa . sehingga diperoleh sampel sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi untuk mengetahui ekstrakurikuler pramuka dan kedisiplinan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan PBB terhadap kedisiplinan belajar siswa dalam kegiatan pramuka. Karena berdasarkan analisa data diketahui nilai r kerja sebesar 0,414 setelah dikonsultasikan dengan harga kritik product moment pada N = 38 dalam interval 95% diperoleh nilai 0,320 dan dalam kepercayaan 99% yaitu 0,413. Demikian pula bahwa korelasi keduanya cukup signifikan. Hal ini terbukti dari hasil konsultasi antara r kerja (0,414) dengan interpretasi nilai r diketahui bahwa, nilai r kerja tersebut berada pada rentang angka antara 0,400-0,599 dengan interpretasi sedang.
Tidak tersedia versi lain