Text
BISNIS ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Pengusaha Noer Hijab Di Dusun Asam Pitu Desa Pademawu Barat Pamekasan)
Ayu Fatimatus Sakdiyah, 2018, Bisnis Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam
(Studi Kasus Pada Pengusaha Noer Hijab Di Dusun Asam Pitu Desa Pademawu Barat Pamekasan)”, Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing Dr. Rudy Haryanto, SST. MM
Kata Kunci : Bisnis, Online, Ekonomi Islam
Bisnis dalam Islam dikenal dengan tijarah yang merupakan suatu kegiatan usaha untuk memenuhi kebutuhan seseorang baik secara produksi, distribusi, maupun konsumsi dengan aturan sesuai syariat Islam. Bisnis terdiri dari individu dan kelompok, atau dalam bentuk lainnya. Bisnis secara Islam yaitu Bisnis yang aturan-aturannya sesuai dengan hukum syara’, atau dalam prakteknya sesuai dengan rukun dan syarat dalam perniagaan serta memerhatikan muamalahnya. Bisnis Online di Dusun Asam Pitu Desa Pademawu Barat Pamekasan merupakan usaha yang berdiri tahun 2016 dan tetap bertahan sampai sekarang tahun 2018. Bisnis Noer Hijab di desa pademawu barat dikenal dan sering dikunjungi oleh konsumen dikalangan remaja, dewasa bahkan orang tua, baik dari masyarakat desa Pademawu Barat maupun luar daerah desa Pademawu Barat. Sampai sekarang Reseller Noer Hijab semakin bertambah dan pelanggan biasa pun semakin banyak karena adanya rasa percaya pada Pengusaha Noer Hijab.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Implementasi Penjualan Secara Online yang Dilakukan Oleh Pengusaha Noer Hijab Di Dusun Asam Pitu Desa Pademawu Barat Pamekasan.(2) Untuk Mengetahui Kesesuaian Penerapan Bisnis Online yang Dilakukan Oleh Pengusaha Noer Hijab Di Dusun Asam Pitu Desa Pademawu Barat Pamekasan Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, informan pertama adalah Pengusaha Noer Hijab, Reseller, dan Konsumen di Noer Hijab. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk bisnis Noer Hijab RedyStok, media penjualannya menggunakan media sosial, semakin bertambahnya reseller (pelanggan tetap) dan konsumen, adanya potongan harga secara adil, pengiriman barang melalui pos atau J&T. Serta Konsumen merasa puas karena beberapa hal yaitu, adalah kualitas produk, harga yang sesuai dengan hasil, dan tidak mengecewakan. Kepuasan dengan pelayanannya dalam menerima pesanan sesuai keinginan/harapan konsumen, sifat toleran yang tinggi dan pelayanan yang patut ditiru dengan mengantarkan hasil barang pesanan kepada kosumen atau pelayanan melalui Pengiriman barang. (2) kesesuaian yang sudah optimal dan mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap Pengusaha Noer Hijab di Dusun Asam Pitu Desa Pademawu Barat adalah diterapkannya rukun dan syarat jual beli yang dianjurkan syariat Islam, dengan pelayanan yang baik. konsumen tetap bertahan dan percaya terhadap kualitas dan kuantitas barang serta adanya penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam yang menciptakan kesejahteraan dan kenyamanan kepada konsumen.
Tidak tersedia versi lain