Text
PENGARUH PEMASARAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN TABAROK DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Lailatul Fitriyah, 2018, Pengaruh Pemasaran Syariah Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Tabarok di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Lely Shofa Imama, M.SI.
Kata Kunci : Pemasaran Syariah, Keputusan Nasabah.
Perkembangan dan persaingan lembaga keuangan yang berbasis syariah mulai bermunculan, yang akan berdampak pada keputusan nasabah dalam memilih dan menggunakan produk. Keputusan nasabah dalam menggunakan produk dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu Pemasaran Syariah. Sebagai salah satu lembaga keuangan syariah, BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dapat menarik minat nasabah dalam melakukan suatu keputusan pembelian melalui strategi pemasaran syariah. Pemasaran syariah merupakan penerapan suatu strategi bisnis yang sesuai dengan nilai dan prinsip syariah, adapun indikator dari pemasaran syariah yaitu teistis, etis, realistis dan humanistis. Dari hal tersebut muncul permasalahan yaitu pertama adakah pengaruh pemasaran syariah terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, dan kedua seberapa besar pengaruh pemasaran syariah terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linier sederhana, melalui instrumen angket yang disebarkan kepada responden sebanyak 82. Untuk selanjutnya diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 24 untuk menguji hipotesis berdasarkan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji f, uji t, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian koefisien regresi linier sederhana menunjukkan bahwa pemasaran syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung (150,528) > Ftabel (3,96) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, dan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung (12,269) > ttabel (1,66388) dengan taraf signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, serta nilai koefisien beta yang bernilai positif. Dari hasil uji koefisien korelasi mendapatkan hasil 0,808. Jadi, dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,808 maka antara variabel bebas (Pemasaran Syariah) dan variabel terikat (Keputusan nasabah) keeratan hubungannya adalah kuat. Berdasarkan uji koefisien determinasi pengaruh yang diberikan oleh pemasaran syariah terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan Tabarok sebesar 65,3% dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain