Text
PENGARUH METODE TUGAS DAN RESITASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 SAMPANG
ABSTRAK
Maisuroh 2018, Pengaruh Metode Tugas dan Resitasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA NEGERI 1 Sampang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing:Drs.H. Zainol Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Tugas dan Resitasi, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode tugas dan resitasi yang penggunaannya kurang efektif sehingga hasil belajar siswa kurang bagus. Bisa disebabkan oleh guru yang kurang memahami penggunaan metode yang tepat sesuai materi yang diajarkan.
Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode yang tepat dapat membuat peserta didik lebih memahami materi pelajaran dengan maksimal.Ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran,misalnya metode ceramah, metode demonstrasi, metode pemberian tugas dan resitasi, metode Tanya-jawab dll. Akan tetapi, sejauh manakah pemberian tugas itu bermanfaat bagi hasil belajar peserta didik?
Rumusan masalah dari penelitian ini. Pertama, adakah pengaruh dari penggunaan metode tugas dan resitasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Sampang. Kedua, seberapa besar pengaruh dari penggunaan metode tugas dan resitasi terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi ganda dan prosedur pengumpulan data melalui angket atau kuesioner sebagai data primer serta observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai data sekunder atau pendukung. Objek penelitian ini, siswa SMAN 1 Sampang tepatnya kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 sebanyak 55 responden.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pertama, ada pengaruh penggunaan metode tugas dan resitasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sampang yang dibuktikan dengan uji signifikansi. Pengujian tersebut menyatakan F0>F(α)(v_1) (v_2) yakni 105.197 > 3.17. Kedua, dari hasil data menggunakan korelasi ganda diperoleh nilai korelasinya sebesar 0.8953, hasil ini diuji menggunakan nilai “r” pada tabel 3 mengenai tingkat korelasi dan kekuatan hubungan, maka kekuatan hubungannya sangat kuat.
Saran yang bisa peneliti diberikan dan mungkin saja berguna bagi warga SMAN 1 Sampang ialah untuk tetap menggunakan metode ini dengan benar dan tepat. Selain itu, adanya variasi penggunaan metode untuk menghindari kejenuhan dari peserta didik.
Tidak tersedia versi lain