Text
PENERAPAN SISITEM EVALUASI KINERJA OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU PAI DI SMPN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Achmad Fauzan, 2018, Penerapan Sistem Evaluasi Kinerja Oleh Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru PAI di SMPN 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd
Kata Kunci : Sistem Evaluasi Kinerja, Kinerja Guru PAI
Dalam setiap lembaga pendidikan, kepala sekolah memerlukan sumber daya untuk mencapai tujuannya. Sumber daya merupakan energi, tenaga, kekuatan (power) yang diperlukan untuk menciptakan daya, gerak, aktivitas, kegiatan, dan tindakan. Evaluasi kinerja dalam rangka pengembangan sumber daya manusia adalah sangat penting artinya. Evaluasi kinerja penting dalam organisasi dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia. Hal ini agar para tenaga pendidik khususnya guru PAI dapat meningkatkan kinerja dengan sebesar-besarnya demi tercapainya suatu tujuan yang direncanakan. Dengan demikian kepala sekolah harus mampu menerapkan sistem evaluasi kinerja agar dapat meningkatkan kinerja guru PAI.
Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian tentang tiga permasalahan pokok yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan sistem evaluasi kinerja oleh kepala sekolah di SMP Negeri 1 Pamekasan; kedua, Bagaimana keefektivan sistem evaluasi kinerja oleh kepala sekolah dalam peningkatkan kinerja guru PAI di SMP Negeri 1 Pamekasan; ketiga, Bagaimana hasil evaluasi kinerja oleh kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru PAI di SMP Negeri 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah, guru PAI di SMPN 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui Derajat kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan evaluasi kinerja oleh kepala sekolah di SMP Negeri 1 Pamekasan menggunakan sistem evaluasi kinerja yang terdiri dari standar evaluasi kinerj, pendekatan evaluasi kinerja, kegunaan dan sasaran evaluasi kinerja, dan proses evaluasi kinerja. Kedua, keefektifan evaluasi kinerja dalam upaya peningkatan kinerja dapat dicapai melalui sistem yang diterapkan. Salah satunya adalah adanya pendekatan evaluasi kinerja yang berupa kegiatan supervisi kepala sekolah. Ketiga, hasil evaluasi kinerja sedikit banyak berpengaruh pada peningkatan kinerja guru PAI yang mengarah pada kemandirian guru dalam merencanakan pembelajaran, kepiawaian guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan juga dalam pemberian tugas atau penilaian pembelajaran.
Berdasarkan temuan-temuan hasil penelitian tersebut dapat dirumuskan teori subtantif yaitu: sistem evaluasi kinerja yang diterapkan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas kerja guru.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan diatas, maka peneliti menyampaikan saran-saran bagi pihak-pihak yang terkait atas hasil penelitian ini. Adapun saran-saran tersebut yaitu: pertama, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya, sehingga peneliti selanjutnya dapat melahirkan teori-teori baru. Kedua, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menerapkan sistem evaluasi kinerja dalam upaya peningkatan kinerja guru.
Tidak tersedia versi lain