Text
PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AGAMA ISLAM DI SDN LARANGAN LUAR III PAMEKASAN
ABSTRAK
Makhtum Jauhari, 2017.plaksanaan pendidikan karakter berbasis agama islam di SDN Larangan Luar III larangan pamekasan . skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, STAIN Pamekasan. Pembimbing: (I) Drs. H. Zainol Hasan, M.Ag.
Kata-kata kunci: pendidikan, karakter, agama islam
Pendidikan karakter merupakan upaya mengembangkan potensi peserta didik dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa agar mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan sebagai warganegara.
Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan yang mengarah pada pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai dengan standart kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan.
Permasalahan dalam penelitian ini mencakup (1) Apa saja materi pendidikan karakter yang berbasis agama islam, (2) Bagaimana Proses Pelaksanaan Pendidikan Karakter berbasis Agama islam, (3) Apa saja masalah Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam.
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertumpu pada pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan pemilihan, penyederhanaan, dan tranformasi, yang kasar yang muncul dari catatan tertulis dilapangan, sehingga menjadi lebih fokus sesuai dengan objek penelitian. Setelah analisis data dilakukan barulah ditarik kesimpulan. Data diperoleh di cek keabsahannya dengan memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan,(a) Materi pendidikan karakter berbasis Agama Islam yang dilaksanakan di SDN larangan luar III yaitu: pertama, mengenal nama Allah dan kitab-kitabnya, dua, cita-citaku menjadi anak yang saleh, tiga, bulan Ramadhan yang indah, dan empat Rasulullah Idolaku. (b) Pada proses pelaksanaan pendidikan karakter berbasis Agama Islam di SDN Larangan luar III yaitu, (1) guru-guru sudah mempersiapkan perangkat pembelajaran RPP yang mengacu pada silabus (2) pelaksanaan pembelajarannya meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pertama, Dalam kegiatan pendahuluan, guru Memberi salam dan kemudian berdoa bersama, Memeriksa kerapian dan kesiapan siswa, Menanyakan materi yang pernah diajarkan sebelumnya yang terkait dengan materi ajar selanjutnya. Kedua, Dalam kegiatan inti, pembelajaran sudah menerapkan metode yang bervariasi yaitu; metode ceramah, metode diskusi dan praktek. sumber belajar yang bervariasi yaitu; buku paket, buku di perpustakaan, dan buku-buku yang dibawa guru dan dari intenet. menggunakan media pembelajaran seperti proyektor. Ketiga Dalam kegiatan penutup, guru memberikan penguatan terhadap materi yang sudah dipelajari sebelumnya (kegiatan konfirmasi). Menyiapkan masalah untuk pertemuan selanjutnya. (3) Kegiatan evaluasinya meliputi tiga ranah, afektif, kognitif, dan psikomotorik yang dilakukan dengan menggunanakan penilaian autentik. Pertama, Penilaian aspek kognitif (pengetahuan) dilakun dengan cara tes lisan, tulisan dan penugasan. Kedua, penilaian aspek psikomotorik (keterampilan) dilakukan dengan cara praktik. Ketiga, Penilaian aspek afektif (sikap) dibagi menjadi dua, yaitu sikap sosial dan sikap spiritual. Penilaian sikap sosial dan sikap spiritual dilakukan dengan cara yang sama yaitu, obsevasi, penilaian sejawat (antar peserta didik) dan jurnal. (c) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis Agama Islam (1) IQ siswa/i tergolong rendah, (2) pola asuh orang tua. (3) ada salah satu siswa berdoa sambil guyon dengan teman, (4) ada beberapa siswa yang tidak memerhatikan penjelasan guru, (5) ada salah satu siswa menyontek hasil kerja teman, (6) ketika mengerjakan tugas diskusi kelompok ada siswa yang berbicara diluar materi, dan (7) siswa malu bertanya ketika ada materi yang kurang jelas.
Tidak tersedia versi lain