Text
MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP 3 PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Khairul Anam, 2017. Manajemen Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 3 Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: H. Zainol Hasan, M. Ag.
Kata kunci: Manajemen Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Peserta didik di SMP 3 Pademawu Pamekasan tidak hanya memperoleh materi pelajaran secara terstruktur, akan tetapi peserta didik juga memperoleh hasil non akademik. Seperti peserta didik diharapakan mampu melaksanakan sholat fardhu dengan baik dan benar serta tepat waktu. Keadaan peserta didik yang heterogen, sarana prasarana yang tersedia, interaksi yang terjadi antara peserta didik, peserta didik dengan guru dengan baik, organisasi kelas dan lain sebagainya. Tidak disadari situasi atau interaksi yang terjadi dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan peserta didik. Namun faktanya masih banyak siswa di SMP 3 Pademawu Pamekasan yang tidak memenuhi harapan seperti adanya sikap-sikap yang kurang baik terhadap guru, tidak melaksanakan shalat fardu dengan rutin dan bahkan ada yang melanggar tata tertib sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh dengan mengangkat judul penelitian tentang Manajemen Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 3 Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologis, artinya penulis memaparkan tentang fenomena-fenomena dari perilaku subjek penelitian yang diamati. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI dan beberapa orang siswa SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Pengelolaan mutu pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP 3 Pademawu Pamekasan adalah sebagai berikut; a) Guru PAI dituntut bersifat arif dan bijaksana terhadap siswa tanpa membeda-bedakan siswa yang pandai dan tidak, siswa yang kaya dan tidak, b) Guru PAI selalu memberikan sugesti atau saran terhadap kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa, c) Guru PAI mengajar sesuai tujuan pembelajaran pada bidang studi PAI, d) Guru PAI menumbuhkan minat dan semangat belajar siswa, e) Guru PAI menciptakan rasa aman bagi siswa di kelas, f) Guru PAI menjadi figur yang baik bagi siswa. Kedua Mutu pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP 3 Pademawu Pamekasan sebagai berikut; a) Guru PAI melakukan pengelolaan kelas, b) Guru PAI mengadakan fariasi dalam teknik mengajar, c) Guru PAI mampu membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa, d) Guru PAI mampu mengembangkan bakat dan kreatifitas siswa, e) Guru memberi kegiatan pengayaan dan remedial kepada siswa, f) Guru memberi tugas kepada siswa baik individual maupun kelompok, g) Guru PAI melaksanakan evaluasi dalam proses belajar mengajar.
Tidak tersedia versi lain