Text
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TAJWID DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA NURUL HIDAYAH DESA ARTODUNG KEC. GALIS KAB. PAMEKASAN
ABSTRAK
Edy Purnomo Yanto, 2017, Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada mata pelajaran Tajwid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Nurul Hidayah Desa Artodung Kec. Galis Kab. Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing : Drs. H. Zainol Hasan, M.Ag
Kata kunci: Tajwid, Upaya Guru, Kesulitan Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Nurul Hidayah Desa Artodung Kec. Galis Kab. Pamekasan terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Tajwid. Sehingga ilmu Tajwid itu sangat penting guna dalam mengatasi kesulitan belajar dalam mata pelajaran Tajwid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Nurul Hidayah Desa Artodung Kec. Galis Kab. Pamekasan. Bagaimana cara siswa melafalkan Tajwid sesuai makharij al-huruf (tempat keluar huruf), ahkam al-huruf (hubungan antara huruf), ahkam al-maddi wa al-qasr (tentang panjang dan pendeknya ucapan), ahkam al-waqf wa al-ibtida (bagaimana memulai dan menghentikan bacaan). Salah satu faktornya adalah kesulitan siswa dalam membaca dan melafalkan Al-Qur`an sesuai dengan ilmu Tajwidnya. Sehingga perlu adanya upaya guru dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi para siswanya, khususnya di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Nurul Hidayah Desa Artodung Kec. Galis Kab. Pamekasan. Supaya kesulitan yang dihadapi oleh siswa dapat teratasi secara efektif dan efesien.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: (1) Apa saja kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Tajwid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Nurul Hidayah Desa Artodung Kec. Galis Kab. Pamekasan. (2) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Tajwid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Nurul Hidayah Desa Artodung Kec. Galis Kab. Pamekasan. (3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Tajwid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Desa Artodung Kec. Galis Kab. Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan pemilihan, penyederhanaan dan transformasi yang kasar yang muncul dari catatan tertulis di lapangan, sehingga menjadi lebih fokus sesuai dengan obyek penelitian. Setelah analisis data dilakukan barulah ditarik kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahannya dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Tajwid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Nurul Hidayah Desa Artodung Kec.Galis Kab. Pamekasan. Kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Tajwid diantaranya yaitu: cara baca Al-Qur’an kurang fasih dan cara menentukan hukum-hukum Tajwid belum bisa Kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Tajwid diantaranya yaitu: a. kurang fasih dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah, b. Under Achiever mengacu kepada siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat intelektual yang tergolong di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Misalnya siswa yang telah dites kecerdasannya dan menunjukkan tingkat kecerdasan tergolong sangat unggul (IQ = 130-140), namun prestasi belajarnya biasa-biasa saja atau malah sangat rendah. Kedua, Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Tajwid diantaranya karena kurangnya sarana dan prasarana di madrasah dan kurangnya minat atau semangat siswa dalam mengikuti mata pelajaran Tajwid. Ketiga, Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Tajwid yaitu : 1) Memanggil satu-persatu bagi siswa yang merasa kesulitan belajar pada mata pelajaran Tajwid. Agar mereka bisa diketahui kemampuannya. 2) Ada bimbingan khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Tajwid.
Tidak tersedia versi lain