Text
STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI PUBLIK RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DI KSPP SYARIAH BMT NU CABANG TLANAKAN
ABSTRAK
Martha Fitriani Megawati, 2018, “Strategi Pengembangan Produk Melalui Public Relations dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Tlanakan”, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Sakinah, MEI.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Public Relations.
Keberadaan Public Relations sebagai cara untuk membangun citra yaitu mempunyai kredibilitas yang tinggi, mampu menjangkau masyarakat secara luas dan kemampuannya untuk didramatisi. Para praktisi Public Relations memandang bahwa Public Relations mampu menjaga dan mendorong citra suatu organisasi atau perusahaan. Public Relations dapat menjadi sarana yang sangat hebat untuk menciptakan konsumen. BMT NU Jawa Timur memiliki tehnik dalam hal ini yaitu menggunakan Public Relations sebagai senjata ampuhnya dalam melakukan pemasaran.
Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi Public Relations dalam pengembangan produk KSPP. Syariah BMT NU Cabang Tlanakan dalam meningkatkan keunggulan bersaing dan mengembangkan perusahaannya? Bagaimana implementasi strategi Public Relations dalam pengembangan produk KSPP. Syariah BMT NU Cabang Tlanakan dalam meningkatkan keunggulan bersaing dan mengembangkan perusahaannya? Apakah implementasi strategi Public Relations sudah sesuai dengan norma Islam di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Tlanakan?. Sedangkan tujuan dari peneitian ini adalah untuk Untuk mengetahui implementasi strategi public relations dalam pengembangan produk KSPP. Syariah BMT NU Cabang Tlanakan dalam meningkatkan keunggulan bersaing dan mengembangkan perusahaannya. Untuk mengetahui implementasi strategi public relations dalam pengembangan produk KSPP. Syariah BMT NU Cabang Tlanakan dalam meningkatkan keunggulan bersaing dan mengembangkan perusahaannya. Untuk mengetahui implementasi strategi public relations sudah sesuai dengan norma islam atau tidak di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Tlanakan .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala cabang, karyawan dan nasabah BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan pengecekan, triangulasi dan perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Public Relations di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan adalah proses Public Relations yang integrate dengan mengandalkan performanya masing-masing, dan sifatnya adalah natural. Proses Public Relations dilaksanakan secara natural. Hal ini disebabkan karena secara legal formal tidak ditemukan, namun secara fungsi Public Relations berjalan, yaitu model Public Relations yang langsung terjun ke masyarakat, penyampaian informasi selanjutnya berjalan secara alamiah by worth of mouth. Implementasi strategi Public Relations yaitu dengan pendekatan secara emosional dan acara sosialisasi dan implementasi startegi Public Relations dalam norma Islam di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan menggunakan prinsip-prinsip yang menjadi pegangannnya yaitu sidik, amanah, tabligh, dan fathonah.
Tidak tersedia versi lain