Text
Penerapan Kurikulum 2013 Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yaa Bunayya Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep
ABSTRAK
Moh. Qaimuddin al-latif, 2017, Penerapan Kurikulum 2013 Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yaa Bunayya Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam , Jurusan Tarbiyah: Pembimbing: Dr. Abdul Mukhid M.Pd
Kata Kunci: Penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Kurikulum 2013 PAUD Pendidikan Anak Usia Dini merupakan kurikulum baru yang diterapkan pada tahun 2015 oleh pemerintah. Dalam penerapan kurikulum 2013 tersebut tentunya ada permasalahan yang dialami oleh setiap lembaga pendidikan, maka dari itu penulis merasa tertarik untuk meneliti penerapan kurikum 2013 pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yaa bunayya Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini difokuskan: (1) bagaimana pelaksanaan penerapan kurikulum 2013 di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yaa Bunayya. (2) apa kendala dari penerapan kurikulum 2013 di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yaa Bunayya. (3) bagaimana upaya dalam menghadapi kendala dari penerapan kurikulum 2013 di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yaa Bunayya.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tulisan atau lisan serta prilaku yang diamati. Dapat dipahami bahwa penelitian kualitatif ini menekankan pada pengamatan secara langsung ke lapangan penelitian, agar peneliti mendapatkan data-data yang diperlukan secara langsung, Sedangkan jenis penelitiannya yaitu jenis non partisipan. sumber datanya adalah manusia dan non manusia. Sumber data manusia adalah Kepala Sekolah PAUD Yaa Bunayya Sumenep, Waka Kurikulum dan Guru PAUD. Sedangkan sumber non manusia adalah dokumentasi yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan penerapan kurikulum 2013 di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yaa Bunayya Sumenep.
Kemudian metode pengumpulan datanya adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap, yaitu Cheking, Organizing, dan Choding. Sedangkan keabsahan data di cek dengan tiga teknik, yaitu: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, triagulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penelitian yang telah dilakukan di PAUD Yaa Bunayya Sumenep diperoleh gambaran dimana, PAUD Yaa Bunayya Sumenep sudah menerapkan kurikulum 2013 dengan menggunakan pembelajaran model sentra, dimana anak bisa mengembangkan kecakapan berpikir aktif dan anak bisa diberi keleluasaan untuk memahami dunia di sekelilingnya, dan anak bisa lebih aktif dan bebas memilih kegiatan sesuai keinginannya.
Kedua, dari kendala penerapan kurikulum 2013 yaitu guru kesulitan dalam mengembangkan RPP, dimana kurikulum yang sebelumnya mengacu pada indikator, dan kurikulum 2013 terletak pada KI dan KD.
Ketiga, dalam upaya mengatasi kendala itu, guru-guru PAUD Yaa Bunayya harus banyak mengikuti pelatihan yang diadakan oleh DIKNAS maupun lembaga untuk meminimalisir kekurangan tersebut.
Tidak tersedia versi lain