Text
Penerapan Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs As-Salam Lapataman Dungkek Sumenep
ABSTRAK
Faisal, 2017. Penerapan Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs As-Salam Lapataman Dungkek Sumenep, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Fathol Haliq, M.Si.
Kata kunci: Pendidikan karakter, Strategi mengajar
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pembinaan keperibadian, perilaku, dan budi pekerti peserta didik yang diprioritaskan, pendidik di MTs As-Salam Lapataman Dungkek Sumenep benar-benar memposisikan diri sebagai motivator, insprirator dan evaluator dalam menanamkan niai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik baik di dalam maupun di luar kelas, banyak orang tua dan lembaga pendidikan gagal dalam mendidik anak atau siswa, hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh prioritas lembaga pendidikan terhadap aspek kognitif siswa, tanpa memperhatikan nilai-nilai budi pekerti. Penelitian ini di fokuskan pertama; Bagaimana strategi guru PAI dalam menerapkan pendidikan karakter di MTs As-Salam Lapataman Dungkek Sumenep?. Kedua; Bagaimana bentuk nilai-nilai pendidikan karakter di MTs As-Salam Lapataman Dungkek Sumenep?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologis, artinya penulis memaparkan tentang fenomena-fenomena dari perilaku subjek penelitian yang diamati. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan beberapa orang siswa MTs As-Salam. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Penerapan pendidikan karakter di MTs As-Salam Lapataman Dungkek Sumenep adalah sebagai berikut; a) Pendidikan karakter dianggap sangat penting dalam menanamkan moralitas siswa, b) Guru mendidik siswa dengan keteladanan atau contoh, c) Guru mendidik siswa dengan kegiatan spontan, d) Guru memberikan teguran terhadap sikap-sikap negatif siswa, e) Guru mengkondisikan lingkungan belajar sesuai dengan karakteristik siswa, f) Guru mendidik siswa dengan kegiatan-kegiatan rutin. Kedua Bentuk nilai-nilai pendidikan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di MTs As-Salam Lapataman Dungkek Sumenep sebagai berikut; a) Siswa menjunjung nilai-nilai etika dan akhlak baik kepada orang tua, guru maupun sesama siswa, b) Siswa mendeskripsikan nilai-nilai etika dalam kehidupan nyata, c) Siswa melakukan tindakan-tindakan moral dan sosial, seperti kegiatan penyaluran zakat fitrah, dan menjenguk teman yang sedang sakit, d) Siswa membiasakan diri melaksanakan kegiatan keagamaan di sekolah dan di rumah, e) Siswa disiplin dan bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi peraturan sekolah.
Tidak tersedia versi lain