Text
PENERAPAN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-GHAZALI ROMBASAN PRAGAAN SUMENEP
kata kunci sholat dhuha dan kedisiplinan
Madrasah ibitidaiyah al-qhazali rombasan pragaan sumenep menerapkan suatu pembiasaan sholat dhuha untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas vi. pembiasaan tersebut dikerjakan siswa kelas vi setiap dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari kamis dan sabtu pukul 06.50 sampai 07.20 sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. kegiatan tersebut berdampak fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu bagaimana program penerapan sholat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MI kelas VI, bagai pelaksanaan penerapan sholat dhuha dalam meningkatkan kedisiplian siswa MI kelas VI, dan bagaimana dampak penerapan sholat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MI kelas VI.
Penelitian ini menggunakan metode fenomenologis deskriptif, dan data yang dikumpulkan berbentuk traskip wawancara yang didukung dengan dta observasi dan dokumentasi.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan shalat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VI di MI al-ghazali rombasan efektif dan efisien, sehingga dapat mencapai tujuan yang ingin dicapainya. penerapan sholat dhuha ini dilaksanakan dengan berjemaah di masjid al hakam. ketekunan siswa dalam mengikuti penerapan shalat dhuha tersebut berdapat kepada peningkatan kedisiplinan siswa. bnetuk dari perilaku disiplin siswa dapat dilihat dari beberapa contoh perilaku disiplin siswa, seperti sesuai denga hari yang ditentukan dan lain sebagainya
Tidak tersedia versi lain