Text
Peranan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih di MI Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
Anni Furaida, 2017, Peranan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih di MI Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Abd Mukhid, S.Pd
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Mutu Pembelajaran.
Dari keinggintahuan peneliti untuk mengetahui peranan guru terutama dalam pembelajaran fiqih yang bertempat di MI Islamiyah Ambat Tlanakan, yang mana ingin peneliti ingin mengetahui peranan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru pengajar trhadap peningkatan mutu pembelajaran serta upaya dan usaha seprti apa yang dikontribusikan oleh guru fiqih melalui kompetensi pedagogik untuk meningkatkan pembelajaran fiqih. Kompetensi adalah suatu standar yang harus dimiliki oleh seorang guru agar mencapai atau menjadi sesuatu yang seharusnya, sedangkan mutu mengandung makna derajat (tingkat) keunggulan suatu produk (hasil kerja atau upaya) baik berupa barang maupun jasa baik yang tangible maupun intangible.
Dari penjelasan di atas maka memunculkan fokus masalah sebagai berikut pertama bagaimana peranan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih di MI Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan, kedua apa saja upaya dan usaha dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih di MI Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan. Maka dari fokus masalah di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul yaitu “Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih di MI Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan”.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan dengan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Jenis penelitian ini juga difokuskan dengan jenis penelitian yang lebih mementingkan proses daripada hasil, dengan menggunakan metode Wawancara, Observasi, Dokumentasi, dan Trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama peranan kompetensi pedagogik di MI Islamiyah berjalan dengan baik dan sangat berperan sekali, itu dibuktikan dengan terlaksana sesuai pengertian kompetensi pedagogik dimana sebelum mengajar adanya perencanaan materi, evaluasi belajar dan pemahaman akan peserta didik dan ini sudah dilakukan oleh guru fiqh di MI Islamiyah Ambat, sedangkan upaya dan usaha yang digunakan, sedangkan kedua upaya dan usaha yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran fiqih adalah degan memerhatikan kelengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pembelajaran untuk mempermudah dan memperlancar penyanpaian mata pelajaran serta juga memerhatikan keadaan siswa agar metode yang digunakan sesuai dan siswa tidak merasa bosan dan jenuh.
Tidak tersedia versi lain