Text
Strategi Pendistribusian Zakat Da/am Meningkatkan Kesejahteraan Mustahiq (Studi Kasus Di LAZ/S Muhammadiyah Pamekasan
Indonesia merupakan salab satu negara berkembang yang mayoritas masyarakatnya beragama islam . Sebagai negara berkembang, Indonesia mulai melaksanakan pembangunan besar besaran baik secara fisik maupun secara ekonomi yang dimulai pada masa pemerintahan orde lama hingga masa pemerintaban pasca reformasi seperti saat ini, semuanya ini ditunjukan untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakatnya. Pada saat ini penyaJuran zakat fitrah ataupun zakat maJ telab terkoordinasi dengan baik. PenyaJuran zakat fitrab dan zakat mal tidak hanya dikumpulkan oleh amil zakat untuk kemudian secara langsung disalurkan ke pihak penerima zakat, infaq, dan shadaqab (ZIS), namun zakat yang diterima dikelola untuk pengembangan ekonomi guna meningkatkan kualitas hidup bagi penerima dana ZIS. Pengelolaan ZIS telab dilakukan oleh beberapa lembaga dalam keorganisasian Badan Amil Zakat atau Lembaga Amil Zakat. Kedua-duanya telah mendapat payung perlindungan dari pemerintab .
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi kajian pokok daJam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Strategi pendistribusian zakat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik. Kedua, Bagaimanakab dampak yang di hasilkan dari strategi pendistribusian zakat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik di LAZIS Muhammadiyah Pamekasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara/interview, dokumentasi dan observasi dengan memakai sumber data sekunder dan primer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh lembaga amil zakat ini sangatlah bermanfaat bagi lembaga, pertama, Strategi pendistribusi zakat di LAZISMU berdasarkan program yang ada. Strategi pendistribusi zakat di LAZISMU berdasarkan program-program yang ada yaitu: pertama program pendidikan. Kedua program Da'i. Ketiga program sosial. Keempat program ekonomi. Dan program bantuan lansia. Kedua Dengan adanya strategi dari program yang dijalankan oleh LAZISMU Pamekasan. Responnya bagus yang pertama adalah dari bertambahnya donatur, dengan kesadaran pribadi mereka sudah bertransaksi secara sadar dengan rekening bank tanpa harus di jemput oleh petugas, salah satu responnya juga masyarakat yang ada di sekitar Iembaga LAZISMU sudah muJai merespon ketika ada beberapa masyarakat yang membutuhkan bantuan maka donatur itu pergi ke LAZISMU untuk mengajukan permohonan. Bahkan setiap tahun dengan menggunakan strategi tersebut selalu ada peningkatan dan bahkan setiap buJan mengalami peningk:atan dimana jumlah donatur di bulan kemaren itu berjurnlah 744 dan sekarang sudah berjumlah 767
Tidak tersedia versi lain