Text
Pengaruh Earning Per Share terhadap Market Price Saham Perusahaan Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
Earning Per Share merupakan salah satu indikator internal perusahaan. Earning per share yang positif juga memungkinkan investor memperoleh deviden atau pembagian keuntungan perusahaan setelah harga saham mencapai level tertentu. Harga saham yang selalu bergerak membuat tingkat pengembalian saham atau return tidak menentu tiap waktunya . Beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan harga saham di antaranya tingkat inflasi, nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang domestik dan tingkat bunga yang disebut variabel ekonomi makro,
Berdasarkan hal tersebut, ada dua pennasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu, pertama: apakah Earning Per Share berpengaruh tehadap Market Price saham Perusahaan Telekomunikasi Indonesia (persero)Tbk.; kedua: seberapa besar pengaruh Earning Per Share tehadap Market Price saham Perusahaan Telekomunikasi Indonesia (persero)Tbk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang terwujud dalam bentuk laporan keuangan perusahaan yang bersifat arsip berupa laporan keuangan triwuJan Perusahaan Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. periode 2011-2015 dan dari tabel harga pasar saham Perusahaan Telekomunikasi Indonesia (persero) Tbk. yang diperoleh dari www.yahoofinance.com
Hasil dari penelitian ini dengan pembuktian hipotesis yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa, Pertama: dengan uji parsial (uji t) sebesar (2,484
> 1,279), maim earning per share mempunyai pengaruh secara signifakan terhadap market price. Berdasarkan standar deviasi Earning Per Share (EPS) 217.07784 menunjukkan bahwa keuntungan per lembar saham adalah sebesar 2,1707784%. Adapun Market Price (MP) dengan standar deviasi 3.10866. menunjukkan bahwa kenaikan harga saham pada keuntungan per lembar saham adalah sebesar 0,057219%. Kedua: Dengan perhitungan regresi sederhana setiap earning per share yang naik satu poin maka market price naik sebesar 0,007. Koefisien determinasi nilai R Squer menunjukkan besar pengaruh EPS terhadap Market Price adalah 0,255 artinya market price dipengaruhi oleh earning per share sebesar 25,5% sedangkan sisanya 74,5% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti, salah satunya adalah kinerja perusahaan.
Tidak tersedia versi lain