Text
Efektivitas Marketing Lending Dalam Upaya Penyaluran Pembiayaan Renovasi Rumah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan
BSTRAK
Lailatun Nikmah, 2013, Efektivitas Marketing Lending Dalam Upaya Penyaluran Pembiayaan Renovasi Rumah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: H.Mohammad Bashri Asy'ari. MA
Kata Kunci: Marketing Lending, Pembiayaan Renovasi Rumah.
Dalam pemenuhan produktifitas keuangan yang lebih efektif di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, keefektifan marketing lending sangat di perluakan terutama dalam pembiayaan renovasi rumah karena produk tersebut merupakan produk yang mempunyai baberapa manfaatnya bagi masyarakat, terkait dengan keefektifan marketing lending yang diterapkan oleh BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Fokus penelitian ini adalah apakah marketing lending mampu menjaga dan meningkatkan penyaluran pembiayaan renovasi rumah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan? Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat efektivitas marketing lending dalam upaya penyaluran pembiayaan renovasi rumah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan? Bagaimana persepektif ekonomi Islam terhadap marketing lending dalam upaya penyaluran pembiayaan renovasi rumah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan?
Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskritif.
Sumber dataa diperoIeh melalui dokumentasi, observasi, wawancara. Inrormanya adalah, Remideal, Kabag Operasional, bagian es, TerlIer, AO Lending, Dan para nasabah pembiayaan renovasi rumah. Ketekunan data atau keajegan pengamatan, triangulasi, uraian rinei, pengecekan kebenaran informasi dan perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Marketing Lending yang digunakan oleh BPRS Sarana Prima Mandiri dalam upaya penyaluran kegiatan pembiayaan renovasi rumah yang selama ini sudah sangat efektif dalam menjaga serta meningkatkan pembiayaan renovasi rumah dengan beberapa strategi yang dilakukan oleh pihak. Keberhasilan strategi Marketing lending dalam upaya penyaluran pembiayaan renovasi rumah dapat dilihat dari pencapaian jumlah nasabah yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Faktor pendukung dari strategi marketing lending :Jaminan milik sendiri, nasabah memiliki penghasilan yang tetap, tidak pemah bermasalah dengan bank lain, serta kelngkapan, Faktor yang menghambat yaitu, : jaminan bukan milik sendiri, nasabah pemah bermasalah dengan lembaga perbankan lain, nasabah memiliki penghasilan yang tidak tetap, agunan. Dalam pelaksanaan pembiayaan renovasi rumah sudah memenuhi unsur tolong menolong dan tidak memberatkan kepada nasabah yang sesuai dengan prinsip syariah. Melihat hal tersebut pembiayaan yang dilaksanakan oleh BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan ini sudah sesuai dengan prinsip syariah
Tidak tersedia versi lain