Text
Hubungan Pemanfaatan Sarana Pendidikan dan Pencapaian Mutu Pembe/ajaran Bagi Siswa di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
Endang Tri Wahyuni, 2016, Hubungan Pemanfaatan Sarana Pendidikan dan Pencapaian Mutu Pembe/ajaran Bagi Siswa di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidi.kan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. Buna'i, S. Ag., M.Pd.
Katakunci : pemanfaatan sarana pendidikan, pencapaian mutu pembelajaran bagi siswa
Sarana pendidikan sebagai fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancer, efektif, teratur, dan efisien. Penelitian ini menarik untuk di kaji, karena selama ini proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu bersifat menoton dengan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran pada umumnya kurang menarik. Sehingga mutu pembelajarannya tidak terjadi perubahan yang berkaitan dengan kognitif, afektif, dan psikomotori.k pada siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : Pertama, Adakah hubungan pemanfaatan sarana pendidikan dan pencapaian mutu pembelajaran bagi siswa di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu? Kedua, Seberapa besar hubungan pemanfaatan sarana pendidi.kan dan pencapaian m utu pembelajaran bagi siswa di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu?
Penelitian ini bertujuan, yaitu : Pertama, Untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan pemanfaatan sarana pendidi.kan dan pemcapaian mutu pembelajaran bagi siswa di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Kedua, Untuk mengetahui besarnya hubungan pemanfaatan sarana pendidikan dan pencapaian mutu pembelajaran bagi siswa di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tekni.k korelasi product moment sebab penelitian ini hakikatnya ingin meneliti hubungan dua variabel hubungan yang setiap variabelnya berjenis data interval.
Dari basil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Ada Hubungan pemanfaatan sarana pendidikan dan pencapaian mutu pembelajaran bagi siswa di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Desa Blumbungan Kecamatan Larangan .Kabupaten Pamekasan. Hal ini terbukti bahwa nilai "r'' tabel pada N =
48 dalam interval kepercayaan 95 % dan 99 % diperoleh nilai sebesar 0,284 dan 0,368. Jika nilai "r'' kerja sebesar 0,627 dibandingkan dengan nilai "r'' tabel baik datam interval kepercayaan 95 % maupun 99 %, maka nilai "r" kerja berada diatas harga kritik "r'' product moment. Berarti nilai "r" kerja cukup signifikan. Kedua, Besamya Hubungan pemanfaatan sarana pendidikan dan pencapaian mutu pembelajaran bagi siswa di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Dapat dibuktikan bahwa nilai "r" kerja 0,627 berada diantara katagori angka 0,600 sampai dengan 0,800. Dengan demikian maka hipotesis yang menyatakan pemanfaatan sarana pendidikan berhubungan cukup signifikan dan pencapaian mutu pembelajaran bagi siswa di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Di terima karena berada pada katagori cukup
Tidak tersedia versi lain