Text
Pemanfaatan Situs Keagamaan Sebagai Media Belajar Pendididkan Agama Islam di SMA Negeri 1 Waru Pamekasan
Hairul Rahman, 2015. Pemanfaatan Situs Keagamaan Sebagai Media Belajar Pendididkan Agama Islam di SMA Negeri I Waru Pamekasan Skripsi, jurusan tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Dr. Hj. Mariat:ul Qibtiyah Harun. AR. M.Ag.
Kata Kunci : Pemanfaatan Situs Keagamaan
Pada zaman sekarang, perkembangan teknologi sangat cepat dan sulit terbend ung lagi, tennasuk salah satunya adalah teknologi komunikasi dan infonnasi. Kegunaan daripada internet juga tidak luput membantu dalam dunia pendidikan, proses belajar siswa yang tldak jarang menyertakan keberadaan internet yang salah satunya adalah situs keagamaan dijadikan sebagai media dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya pemanfaatan sebuah· media dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun pennasalahan dalam kajian penelitian ini, pertama tentang pemanfaatan situs keagamaan sebagai media pembelajaran di SMAN I Waru, kedua tentang faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pendf dfkan agama Islam di SMAN I Waru Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif. Peneliti· sebagai instrumen melakukan pengumpulan data di Iokasi.penelitian dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan juga dokurnentasi. Menganalisis data dan pengecekan keabsahan temuan menggunakan trlangulasl, bahan referensf dan member check.
Hasil yang diperoleh peneliti di lapangan dapat diketahui beberapa hal, p ertama mengenai usaha dari guru dengan menggunakan situs keagamaan sebagai media belajar yang mana dalam usaha ini guru menerapkan penanaman sifat optimis dan selalu mengikuti perkembangan zaman dengan tetap berpegang teguh pada nonna agama, kedua aspek yang menjadi fokus dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media situs keagamaan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah pemantapan agama islam yang juga diselaraskan dengan perkembangan zaman pada saat i ni, dan yang ketiga mengenai metode yang digunakan dalam penerapan situs keagamaan sebagai med ia pembelajaran PAI salah satunya adalah metode out door yang mana dalam
proses penerapan media ini sering kali diterapkan di luar kelas atau di lab komputer dan lab praktikum terkait.
;
yang mempengaruhi pemanfaatan situs keagamaan sebagai media
Adapun faktor
pembelajaran PAI dibagi menjadi dua, yaitu: pertama fak'tor internal yang terdiri dari potensi diri, minat, ketaqwaan, motivasi siswa SMAN I Waru. Kedua faktor external yang
terdirl dari lingkungan keluarga sfswa dan lfngkungan sekolah sfswa SMAN I Waru Pamekasan
Tidak tersedia versi lain