Text
Penerapan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Kemp Di Tk Dharma Wanita Tlonto Raja Pasean Pamekasan
Ulfatul Lailiyah, 2017, Penerapan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Kemp Di Tk Dharma Wanita Tlonto Raja Pasean Pamekasan, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing Dr. H. Mohammad Muchlis solichin, M.Ag
Kata kunci :Desain Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Terdapat tiga rumusan masalah dalam kajian ini. Pertama, Bagaimana penerapan desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Kemp di TK Dharma Wanita Tlonto Raja Pasean Pamekasan. Kedua, Apa saja kendala penerapan desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Kemp di TK Dhanna Wanita Tlonto Raja Pasean Pamekasan . Dan ketiga, Upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi kendala penerapan desain pembelajaran Pendidikan Agama l.slam Melalui Pendekatan Kemp di TK Dharma Wanita Tlonto Raja Pasean Pamekasan.
Desain pembelajaran sebagai proses seorang guru dalam merancang, l!H!mbentuk tujuan pembelajaran, materi, sumber dan evaluasi belajar. Model desain pembelajaran Kemp adalah Model desain pembelajaran berorientasikan rnelingkar ini biasanya ditunjukkan dalah sebuah diagram yang memiliki alur rancangan pembelajaran secara melingkar.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber data dalam penelirian ini manusia dan non manusia. Sumber data manusia seperti kepala sekolah, dan guru kelas dan non manusia berupa dokwnen dokumen. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah secara bertahap. Pertama; pengumpulan data, kedua mereduksi data dengan menyeleksi dan mengelompokkan, ketiga display data, dan yang terakhir menyimpulkan data. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik perpanjangan kehadiran, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Setelah melakukan pengumpulan data dan analisis data diperoleh hasil dari penelitian sebagai berikut. Pertama, Penerapan desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Kemp di TK Dharma Wanita Tlonto Raja Pasean Pamekasan dilakukan melalui beberapa tahap. a) memaparkan tujuan dan topik pembelajaran, b) analisis karakter peserta didik, c) Menentukan Materi, d) penilaian awal, e) menggunakan metode, media, e) dukungan sarana dan prasarana, dan f) Mengevaluasi pembelajaran peserta didik. Kedua, Kendala dalam Penerapan desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Kemp
Tidak tersedia versi lain