Text
Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di MTs Riyadul Muhtadin Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan
Hasibuddin, 2016, Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di MTs Riyadul Muhtadin Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Fakultas Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata kunci: Kewibawaan Guru, Aktivitas Belajar Anak
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini diantaranya yaitu pertama adakah pengaruh kewibawaan guru terhadap aktivitas belajar siswa di MTs Riyadul Muhtadin Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, kedua seberapa besar pengaruh kewibawaan guru terhadap aktivitas belajar siswa di MTs Riyadul Muhtadin Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.
Populasi penelitian adalah siswa di MTs Riyadul Muhtadin Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan sebanyak 60 siswa. Karena jumlah populasinya kurang dari 100 orang maka dilaksanakan population research atau penelitian populasi. Dalam penelitian menggunakan instrumen pengumpulan data di antaranya; observasi, angket, pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan dalam menganalisis data adalah teknik statistik dengan rumus
pr oduct moment.
Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh kewibawaan guru terhadap aktivitas belajar siswa di MTs Riyadul Muhtadin Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Hal ini terbukti dari basil analisis statistik yang menunjukkan bahwa setelah r kerja (0,671) dikonsultasikan dengan nilai kritik product moment pada N = 60 dengan nilai kontrol taraf signifikMsi 1% = 0,330, dan taraf signifikansi 5% = 0,254 ternyata r kerja (0,671) Iebih besar dari harga kritik product
mo?1entnya . Dengan demikian maka dapat dikatakan ada korelasi positif antara kedua vanabel penelitian tersebut. Dengan kata lain, hipotesa nihil (Ho) yang menyatakan "Tidak ada pengaruh pengaruh kewibawaan guru terhadap aktivitas belajar siswa di MTs Riyadul Muhtadin Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pmekasan", ditolak kebenarannya. Dengan ditolaknya hipotesa nihil (Ho) berarti h1potesa kerja (Ha) yang menyatakan: "Ada pengaruh kewibawaan guru terhadap aktivitas belajar siswa di MTs Riyadul Muhtadin Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Prunekasan'', diterima kebenarannya. Untuk mengetahui besar kecilnya hubungan antara kedua variabel tersebut r kerja dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi product moment, dimana r..kerjfl berada ·pada rentangan nilai antara 0,600 sampai dengan 0,800, yang berarti korelasi atau urgensi kedua variabel berada pada taraf signifikansi yang cukup.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, kewibawaan guru terhadap aktivitas belajar siswa di MTs Riyadul Muhtadin Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan perlu ditingkatkan, hal ini dapat diupayakan dengan meningkatkan kompetensi mengajar dan integritas pribadinya serta diupayakan kerja sama dengan pendidik dan masyarakat pada umumnya .
Tidak tersedia versi lain