Text
trategi Segmentasi, Targeting dan Positioning PT. Bank Pembiyaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan
ABSTRAK
Devi Dayanti, 2011.Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning PT. Bank Pembiyaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Sri Handayani, S.E, MM.
Kata Kunci: Segmentasi, Targeting, dan Positioning
Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning sangat penting Bagi Bank Syariah, khususnya Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri (BPRS SPM) untuk bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat terutama pedagang kecil, petani, nelayan dan sektor-sektor lainnya,mengingat masyarakat masih minim sekali pengetahuannya mengenai perbankan syariah. Mereka mempunyai sumbangsih yang besar terhadap laju dan pertumbuhan perusahaan.Lewat segmentasi, targeting, dan positioning BPRS SPM dapat memilah pasar serta memposisikan diri sesuai kemampuan perusahaan.
Dalam penelitian ini ada satu (1) permasalahan yang menjadi fokus kajian, yaitu bagaimana strategi segmentasi, targeting dan positioningproduk funding PT. Bank Pembiyaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Informannya adalah personal atau karyawan dan nasabah PT. BPRS SPM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,strategi segmentasi PT. BPRS SPM Pamekasan adalah dengan mengelompokkan pasar sasaran berdasarkan letak geografis, demografis, dan psikografis nasabah. Kedua, pemilihan segmentasi atau penetapan pasar sasaran, targeting, meliputi tingkat pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan nasabah.Ketiga, setelah BPRS SPM mensegmen dan menetapkan pasar sasaran yang dipilih, perusahaan memposisikan diri sebagai bank yang dapat memberikan "Layanan Bagus, Siap Antar-Jemput dan Cepat".Hal itu diwujudkan dengan memberikan layanan yang berkualitas, aman, mudah, dan mendesain produk yang menarik.
PT BPRS SPM Pamekasan secara resmi beroperasi pada tanggal 1 juli 2008. Awai mula peresmian tersebut memakai namaPT. BPRS Sarana Pamekasan Membangun. Seiring dengan dibukanya Kantor Cabang Bangkalan pada tahun 2011 maka pada tahun 2012 nama bank mengalami perubahan menjadi PT BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM). Bank SPM selalu menciptakan inovasi dalam hal pemasaran,. khusus segmentasi, targeting, clan positioning, sehingga peruhaan ini semakin dipercaya oleh masyarakat sekitar.Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan nasabah dari tahun ke tahun terus meningkat
Tidak tersedia versi lain