Text
Pengaruh Experiential Providers terhadap Loyalitas Nasabah PT. BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Pamekasan
ABSTRAK
Nurul Lailatul Qodriyah, 2017, Pengaruh Experiential Providers terhadap Loyalitas Nasabah PT. BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Pembimbing: Fadllan, MA
Kata Kunci: Experiential providers, Loyalitas
Perbankan syariah merupakan salah satu lembaga yang menjadi jembatan ekonomi, sebingga daJam haJ ini untuk menjaJankan fungsi utama dan mencapai tujuannya banyak cara dan taktik dilakukan, khusunya pemasaran kepada masyarakat. Oleh karena itu., pihak perbankan harus memiliki perbedaan tersendiri pada cara pemasaran dari para pesaing, sehingga nasabah memiliki alasan untuk tetap menjadi nasabah di lembaga perbankan tersebut. Salah satu alat yang dapat digunakan pada bentuk strategi pemasaran adaJah experiential providers. Tujuan dari penelitian ini adaJah pertama: peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh experiential providers terhadap loya1itas nasabah di PT. BRJSyariah cabang pembantu Pamekasan; kedua, peneliti ingin mengetahui sub variabel yang paling dominan terhadap loyalitas nasabah di PT.BRISyariah KCP Pamekasan. Penelitian ini menggwlakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linear berganda. Jenis data adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya adalah mahas.iswa STAIN Pamekasan angkatan tahun 2016 yaitu nasabah BRISyariah Kantor Cabang Pembantu yaitu basil penelitian ini menunjukkan ba11wa berdasarkan basil anaJisis regresi linear didapat persamaan Y=2,666+0,454X1+o, ll5Xz+o,660XJ, persamaan ini menyatakan tanpa adanya experiential providers (communication, product presence, dan co-brandimg), loyalitas nasabah sebesar 2,666 dan setiap terjadi peningkatan sebesar 1% pada experiential providers (communication), rnaka Joyalitas nasabah akan mengalami peningkatan sebesar 0,454 atau 4,54%. Begitu pula jika terjadi peningkatan sebesar 1% pada experiential providers (product presence), maka loyalitas nasabah juga ikut meningkat sebesar 1,19% atau sebesar 0,119, dan jika terjadi peningk:atan I % pada experiential providers (co-bra11di11g) maka loyalitas nasabah juga ikut rneningkat sebesar 6,60% atau sebesar 0,660. Kontribusi experiential providers (communication, product presence, dan co-branding) cukup tinggi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,496 atau 49,6% , yang berarti 49,6% variasi dari loyalitas nasabah dijelaskan oleh variasi dari experiential providers (communication, product presence, dan co-branding) sedangkan sisanya 50,4% dijelaskan oleh kontribusi sub variabel pada experiential providers yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Berdasarkan basil pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti bahwa experiential providers berpengarub signifikan terhadap loyalitas nasabah BRISyariah Kantor Cabang Pamekasan. Sedangkan subvariabel pada variabel experiential providers yang berkontribusi paling dominan terhadap loyalitas nasabah di PT. BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Pamekasan adaJah subvariabe] co-branding dengan nilai koefisien regresi sebesar0,660 atao 66% serta tingkat pengaruh yang signifikan secara parsial (uji t) sebesar 4,171 atau 41,71%
Tidak tersedia versi lain