Text
Persiapan dan Keterampilan Guru PAI dalam Pengelolaan Sumber Belajar di MA Nurul Huda Talang Saronggi Sumenep.
Mahbubatut Tamamiyah 2016. Persiapan dan Keterampilan Guru PAI dalam
Pengelolaan Sumber Belajar di MA Nurul Huda Talang Saronggi Sumenep,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan,
Pembimbing: Dr. Atiqullah, S.Ag M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Guru, Sumber Belajar.
Keterampilan dasar mengajar bagi guru diperlukan agar guru dapat
melaksanakan perannya dalam pengelolalaan proses pembelajaran. Dan untuk
mengantisipasi munculnya rasa bosan pada siswa saat kegiatan belajar mengajar
berlangsung.
Dalam penelitian ini, ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana Persiapan Guru PAI dalam menentukan
Sumber Belajar di MA Nurul Huda Talang Saronggi Sumenep. Kedua, bagaimana
Keterampilan Guru PAI dalam pengelolaan Sumber Belajar di MA Nurul Huda
Talang Saronggi Sumenep. Ketiga Apakah unsur yang mempengaruhi
Keberhasilan Guru PAI dalam pengelolaan Sumber Belajar di MA Nurul Huda
Talang Saronggi Sumenep.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif dikarenakan data yang diambil berupa kata-kata bukan angka.
Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara terstruktur tak terstruktur,
observasi non partisipan, dan dokumentasi. Informannya adalah guru, kepala
sekolah dan siswa. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan/verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa:
pertama, persiapan dalam
melaksanakan pembelajaran PAI di MA Nurul Huda Talang Saronggi Sumenep, guru
PAI menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum kegiatan proses belajar
mengajar di mulai, persiapan tersebut berupa SILABUS, RPP, materi, metode, sarana dan
prasarana. Kedua, Keterampilan Guru PAI dalam pengelolaan Sumber Belajar di
MA Nurul Huda Talang Saronggi Sumenep, bisa menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan dengan menggunakan waktu sebaik-baiknya. Selain itu guru juga
menerapkan belajar mandiri dengan menggunakan perpustakaan sebagai tempat
belajar siswa agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Ketiga, Unsur yang
mempengaruhi Keberhasilan Guru PAI dalam pengelolaan Sumber Belajar di MA
Nurul Huda Talang Saronggi Sumenep. Salah satunya adalah adanya motivasi
yang kuat untuk mendorong guru PAI memunculkan ide-ide baru dalam
pembelajaran serta mampu mengaplikasikannya dengan berbagai sumber belajar.
Sehingga guru lebih mudah menarik perhatian siswa dalam kegiatan belajar
mengajar.
Tidak tersedia versi lain