Text
POLA GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA BELJAR AL- QUR’AN HADITS DENGAN TEKNIK GAME PADA KELAS VIII DI SMP PLUS AL IBROHIMY BANGKES KADUR PAMEKASAN
Muh. Yazid. 2016 “Pola Guru Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar
Al-Qur’an Hadits Dengan Teknik Game Pada Kelas VIII Di SMP Plus Al-
Ibrohimy Bangkes Kadur Pamekasan”
kata kunci : pola guru,minat, tekhnik game.
Terdapat tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini:
(1)Bagaimana rencana guru dalam mempersiapkan proses belajar untuk
meningkatkan minat belajar al-qur’an hadist dengan tekhnik game.(2)Apa aplikasi
yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar al-qur’an hadist dengan
teknik game.(3)Apa kendala dalam meningkatkan minat siswa belajar al quran
hadist dengan tehnik game.
Tujuan peneliti ini adalah untuk mendidkripsikan tentang:(1)Penelitian
bertujuan untuk mengetahuai rencana guru dalam mempersiapkan proses belajar
untuk meningkatkan minat belajar Al-qur’an hadist dengan teknik
game.(2)Penelitian bertujuan untuk mengetahui aplikasi yang digunakan guru
dalam meningkatkan minat belajar Al-qur’an Hadist dengan teknik
game.(3)Penelitian bertujuan untuk mengetahui kendala dalam minat siswa belajar
al quran hadist dengan teknik game.
Desain penelitian ini adalah kualitatif diskriptif. Data yang akan di
gambarkan adalah bagaimana rencana guru dalam meingkatkan minat beljar siswa
dalam tehknik game dan apa aplikasi yang di gunakandalam tehknik game untuk
meningkatkan minat belajar siswa, data ini mengambil dari hasil, observasi,
wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan, Pertama bahwa sebelum melaksanakan
proses belajar mengajar guru selalu mempersiapkan progaram pembelajaran yang
akan di sampaikan kepada siswa.Hal ini di perkuat oleh hasil observasi di
lapangan bahwa ketika guru akan mengajar guru selalu mempersiapkan hal yang
di butuhkannya, sehingga segala persiapan bisa berjalan dengan lancar dan siswa
bisa berinterksi dengan sangat baik. Kedua seorang guru membuat game (metode
jigsaw) yang mana guru memberikan game yang berupa pertanyaan terhadap
siswa yang berbentuk lingkaran dengan menggunakan alat belajar yang biasa
digunakan siswa seperti bola, ballpoint, penghapus dan sebagainya dengan cara
melemparkan seperti melempar bola yang mana nantinya siswa harus menjawab
pertanyaan atau memberikan respon kepada guru atau sesama temannya. Ketiga
dalam porses belajar mengajar pada pembelajaran Al-Quran Hadits dengan
menggunakan game berjalan dengan sukses dan tidak ada kendala bagi guru
walaupun siswa sedikit ditemukan kendala tetapi siswa merasakan senang dan
tidak ada beban dalam belajar, semua siswa giat dan menikmati pelajaran yang di
sampaikan pelajaran yang di sampaikan oleh guru di dalam kelas.
Dengan demikian hasil penelitian ini menyatakan bahwa pola guru untuk
meningkatkan minat siswa belajar Al-Qur’an Hadits dengan teknik game pada
kelas VIII di SMP Plus Al-Ibrohimy Bangkes Kadur Pamekasan berhasil
dilakukan dan sangat tepat sasaran utamanya di tujukan kepada guru, yang mana
guru harus membuktikan pola dalam belajarnya sehingga siswa bisa lebih
memiliki minat dalam belajarnya. Dan dengan game guru bisa membuktikan
bahwa dengan game siswa lebih semangat dan lebih giat belajar.
Tidak tersedia versi lain