Text
OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM KARANGCEMPAKA BLUTO SUMENEP
Novi Yuliwardani, 2016, Optimalisasi Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Di
Madrasah Aliyah Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Drs.H.Saiful Arif,
M.Pd
Kata kunci: Optimalisasi Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,1.
Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah
Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep, 2.Faktor apa saja yang mendukung
dan menghambat pelaksanaan proses pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah
Aliyah Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep 3. Apakah hasil dari proses
pembelajaran Aqidah Akhlak sudah berlangsung optimal di Madrasah Aliyah
Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis
penelitian ini adalah fenomenologis melalui deskriptif, sumber datanya adalah
guru, siswa, dan kepala madrasah, dalam pengumpulan datanya menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi, adapun tehnik pengecekan datanya
menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan proses
pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Islam Karangcempaka
Bluto Sumenep dilaksanakan dengan berpaduan pada silabus dan RPP, guru
memulai pelajaran dengan salam dan do’a, yang bertujuan untuk menciptakan
mental siswa dan menarik perhatian siswa terhadap pelajaran yang akan dipelajari.
sehingga siswa lebih termotivasi, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, pada
kegiatan inti guru sering menggunakan metode ceramah, diskusi, kerja kelompok
dalam menyampaikan pelajaran, dalam hal penggunaannya disesuaikan dengan
materi pelajaran dan strategi inkuiri, media pembelajarannya adalah menggunakan
laptop, kertas karton, papan tulis, sumber belajar yang digunakan buku paket dan
LKS, guru membuat kesimpulan bersama tentang materi yang sudah dipelajari.
Kedua,. Faktor yang mendukung terhadap pelaksanaan proses pembelajara Aqidah
Akhlak adalah adanya motivasi siswa, cara atau gaya guru dalam mengajar, alat
atau media yang digunakan dalam pembelajaran, sarana prasarana yang ukup
lengkap dan faktor lingkukan sekolah, sedangkan faktor yang menghambat
pelaksanaan proses pembelajaran Aqidah Akhlak adalah Faktor kemampuan siswa
dalam memahami pelajaran, faktor pribadi siswa atau karakteristik siswa. Ketiga,
Hasil dari proses pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Islam
berlangsung cukup optimal karena guru melaksanakan proses pembelajaran
disesauikan dengan SK, KD, dan indikator yang ada di RPP. Dan hampir semua
siswa telah bersikap lebih baik dan aktif ketika proses pembelajaran berlangsung.
Dan beberapa upaya yang dialakukan oleh guru dalam mengoptimalkan proses
pembelajaran yaitu:, memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan media
viyang bervariasi dan mengadakan seminar, sehingga proses pembelajaran yang
dilaksanakan dapat menghasilkan hasil yang optimal.
Tidak tersedia versi lain