Text
Strategi Promotion Mix dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji iB di PT.Bank BRISyariah KCP Pamekasan.
Ach.Basrin, 2017. Strategi Promotion Mix dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji iB di PT.Bank BRISyariah KCP Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. H. Nashar, S.E., MM., M.Si.
Kata Kunci: Tabungan Haji, Promotion Mix
Sebagai salah satu Bank Syariah yang ada di Indonesia, PT. Bank BRIsyariah KCP Pamekasan adalah kantor cabang yang ada dipamekasan. PT. Bank BRISyariah menawarkan salah satu produk simpanan yaitu Tabungan Haji iB. Tabungan Haji iB meupakan tabungan investasi dari BRISyariah bagi calon Haji yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) dengan prinsip bagi hasil. PT. Bank BRISyariah KCP Pamekasan menerapkan strategi Promotion Mix. Promotion mix sendiri merupakan suatu cara dari perusahaan untuk memperkenalkan suatu produknya kepada masyarakat atau nasabah dengan adanya strategi Promotion Mix ini dapat menarik minat calon nasabah untuk menggunakan produk Tabungan Haji iB. Selain itu tujuan dari strategi Promotion Mix ini dapat meningkatkan jumlah nasabah.
Berdasarkan hal tersebut maka Tujuan dari penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui upaya yang dilakukan Bank BRISyariah KCP Pamekasan untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji iB melalui Strategi Promotion Mix; kedua: peneliti ingin mengetahui cara Bank BRISyariah KCP Pamekasan untuk menerapkan strategi promotion mix dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi promotion mix yang dilakukan Bank BRISyariah pada Tabungan Haji iB adalah melalui 2 komponen yaitu personal selling (Penjualan Pribadi) dan Advertising (Periklanan), yang mana dalam Personal Selling seorang Marketer bertatap muka langsung dan menjelaskan informasi kepada calon nasabah. Dalam periklanan dilakukan dengan menyampaikan informasi produk melalui Media Massa dan media cetak seperti brosur Sehingga dengan sarana promosi ini dapat menarik minat nasabah untuk menggunakan produk tabungan Haji dilihat dari meningkatnya nasabah yang menggunakan produk Tabungan Haji iB PT. Bank BRISyariah KCP Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain