Text
PENGARUH KINERJA LAYANAN ELECTRONIC DELIVERY CHANNEL TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA BANK BRISYARIAH KANTOR CABANG PAMEKASAN
Eka Trisnawati, 2017, Pengaruh Kinerja Layanan Electronic Delivery Channel
Terhadap Customer Retention pada Bank BRISyariah Kantor Cabang
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi
dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Erie Hariyanto, S. H, M. H
Kata Kunci:Layanan Electronic Delivery Channel,Customer Retention
Perbankan merupakan salah satu industri yang mengalami perubahan
lingkungan yang cepat dan menuntut kemampuan menyesuaikan diri yang cepat
pula dari para pemain yang ada didalamnya. Perbankan dikenal sebagai lembaga
keuangan yang kegiatan utamanya adalah menerima simpanan giro, tabungan dan
deposito. Bank juga dikenal sebagai tempat untuk meminjam uang (kredit) bagi
masyarakat yang membutuhkannya. Selain itu bank juga memiliki tugas utama
lagi yaitu menghimpun dana dari masyarakat berupa tabungan, giro dan
sebagainnya. Hal tersebut tentunya didukung dengan adanya unsur-unsur
manajemen yang berhasil dikelola dengan baik oleh perbankan syariah. Dengan
adanya bentuk customer retentionyang terus meningkat serta kinerja layanan
electronic delivery channel yang baik hal ini bisa membuat para anggota merasa
tertarik terhadap produk dan layanan yang ada di perbankan.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi fokus penelitian dalam
penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh
kinerja layananelectronic delivery channel terhadap customer retention pada Bank
BRISyariah kantor cabang pembantu Pamekasan; kedua, peneliti ingin
mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja layanan electronic delivery channel
terhadap customer retention pada Bank BRISyariah kantor cabang pembantu
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis
regresi liniear sederhana, dan prosedur pengumpulan data melalui
angket/kuesioner dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah nasabah Bank
BRISyariah kantor cabang pembantu Pamekasan yang bejumlah 98 nasabah,
dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja layanan electronic
delivery channel mempunyai pengaruh terhadap customer retention. Hal tersebut
dinyatakan berdasarkan hasil pengujian uji t yang menunjukan bahwa variabel
kinerja layanan electronic delivery channel(X) diperoleh t hitung ≥t tabel dengan
signifikan ≤0,05 dan uji R 2 sebesar 0.352/35,2%, dengan persamaan Y = 13,671+
0,694 X + e. Sedangkan Variabel yang mempengaruhi kinerja layanan electronic
delivery channel
pada Bank BRISyariah kantor cabang pembantu
Pamekasanadalah customer retention, alasannya karena variabel memiliki nilai
koefisien regresi yaitu 0.694
Tidak tersedia versi lain