Text
PERAN PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PADA PRODUK SIMPANAN LEBARAN (SABAR) DI BMT NU LARANGAN PAMEKASAN
Yuliana Inti Sari, 2017, Peran Personal Selling Dalam Meningkatkan Jumlah
Anggota Pada Produk Simpanan Lebaran (Sabar) Di BMT NU Larangan
Pamekasan, Skripsi, Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis, Pembimbing
Abdul Mukti Thabrani, LC,M.Hi
Kata Kunci : Peran Personal Selling, Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk
Simpanan Lebaran (Sabar)
Strategi personal selling yang mengarah pada kepuasan nasabah yang
efektif dan tepat sasaran, sehingga menjadikan perusahaan itu tidak ditinggalkan
oleh nasabahnya. Bank memiliki strategi personal selling dalam meningkatkan
kepuasan nasabah agar tetap bertahan dan mampu berkomunikasi dengan nasabah,
sehingga nasabah merasa aman dan percaya terhadap bank tersebut karena
nasabah dapat dengan mudah memperoleh informasi yang mereka inginkan dari
bank tersebut. Berdasarkan dari konteks penelitian di atas, fokus penelitian dalam
penelitian ini dirumuskan secara singkat dan padat, sebagai berikut: Bagaimana
pelaksanaan personal selling dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk
simpanan lebaran (Sabar) di BMT NU Larangan Pamekasan?. Dan bagaimana
peran personal selling dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk
simpanan lebaran (Sabar) di BMT NU Larangan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena objek yang
diteliti memerlukan pengamatan secara total sehingga diharapkan dapat
menggambarkan kondisi yang sebenarnya. Sedangkan jenis penelitiannya adalah
deskriptif, karena hal itu dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti
mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala-gejala lainnya.
Pembahasan dalam penelitian ini sangat berkaitan dengan pelaksanaan
personal selling yang dilakukan oleh BMT NU Larangan Pamekasan. Personal
selling merupakan tolak ukur suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya dalam
mencapai target pemasaran. Berdasarkan penelitian pada BMT NU Larangan
Pamekasan, Penerapan personal selling sebagai salah satu media komunikasi yang
tepat dalam strategi pemasaran perusahaan yang dilakukan dengan tepat sasaran
untuk mencapai suatu target yang dipenuhi.BMT NU Larangan Pamekasan selalu
menerapkan kepada sales marketing yang merupakan bagian terpenting dalam
proses penjualan agar selalu fokus terhadap penjualan yang sudah ditetapkan
sebagai tugas seorang personal selling. BMT NU Larangan Pamekasan
mempunyai langkah-langkah yang dilakukan personal selling untuk menarik
minat beli calon nasabah / calon nasabah baru
Setelah penulis melakukan penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut:
Personal selling yang dilaksanakan BMT NU Larangan Pamekasan menggunakan
langkah-langkah yaitu: mencari nasabah / calon nasabah baru, pendekatan
pendahuluan, pendekatan, penyajian dan peragaan, mengatasi keberatan, menutup
penjualan, sedangkan langkah-langkah yang belum efektif dijalankan adalah
pendekatan calon pembeli yang kurang respon, saat presentasi pada tidak ada
peragaan produk dan tindak lanjut untuk pembeli
Tidak tersedia versi lain