Text
PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS TERHADAP CORPORATE IMAGE DI BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU PAMEKASAN
Khazinatul Muawanah, 2017, Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap
Corporate Image di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Pamekasan, Skripsi,
Program Studi PBS, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Eko
Ariwidodo, M.Phil.
Kata kunci: Marketing Public Relations, Corporate Image, BRI Syariah
Perbankan pada saat ini baik itu bank yang beroperasi secara
Konvensional maupun bank yang beroperasi secara Syariah telah banyak
beroperasi di wilayah-wilayah Indonesia termasuk Bank syariah di Wilayah
Madura khususnya Pamekasan. salah satunya yaitu Bank BRI Syariah kantor
cabang Pembantu Pamekasan. Sebagai perbankan yang masih baru dibandingkan
bank-bank lainnya yang sudah beroperasi di wilayah Madura khususnya
pamekasan, Pihak Bank BRI Syariah memerlukan komunikasi pemasaran atau
marketing public relation untuk bersaing dengan bank-bank yang lain.
Jika program marketing public relations dikembangkan dengan baik, maka
akan menciptakan suatu kaitan emosional antara masyarakat dan perusahaan,
sehingga hal tersebut nantinya akan berdampak kepada citra perusahaan
(corporate image). Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik
melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Marketing Public Relations
Terhadap Corporate Image di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu
Pamekasan.” Permasalahan yang muncul adalah apakah ada pengaruh marketing
public relations terhadap corporate image. Jenis penelitian ini adalah field
research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian adalah seluruh nasabah BRI Syariah KCP Pamekasan dengan
menggunakan metode simple random sampling serta penentuan jumlah sampel
ditentukan dengan rumus slovin pada tingkat kesalahan 10%. Teknik analisa
adalah analisis regresi berganda.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar (81,603)>
Ftabel sebesar (2,31) yang berarti menerima hipotesis ada pengaruh
marketing public relations (publikasi, event, berita, kegiatan sosial, media
identitas) terhadap corporate image. Sedangkan hasil uji parsial diperoleh untuk
t hitung publikasi, event, berita, kegiatan sosial, media identitas berturut-turut 2,047,
2,342, 2,141, 2,320, 5,083 yang lebih besar dari ttabel (1.66140) yang berarti
secara parsial baik publikasi, event, berita, kegiatan sosial, maupun media
identitas dinyatakan signifikan, sehingga media identitas merupakan variabel
yang paling dominan berpengaruh terhadap corporate image di BRI Syariah
Kantor Cabang Pembantu Pamekasan.
Berdasar pada penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan
masukan bagi BRI Syariah KCP Pamekasan yaitu dapat menjadi bahan
pertimbangan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mengevaluasi
kebutuhan masyarakat pada perkembangan selanjutnya khususnya dalam
menerapkan konsep marketing public relations yang sebenarnya.
Tidak tersedia versi lain