Text
TRATEGI PENETAPAN HARGA DIBAWAH NORMAL PADA CUCI SAJU SEPEDA MOTOR HIKMAH DI DESA TRASAK KEC. LARANGAN KAB. PAMEKASAN
Aris Sudirman 2017,Strategi Penetapan Harga Dibawah Normal Pada Cuci Saju
Sepeda Motor Hikmah di Desa Trasak Kec. Larangan Kab. Pameasan, skripsi,
program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Pembimbing : Lely Shofa Imama, M.SI,
Kata kunci: Strategi Penetapan Harga, Cuci Salju
Seseorang yang mempunyai usaha sekecil apapun itu tetap disebut sebagai
pengusaha. Di zaman yang serba canggih ini, banyak orang yang tertarik dengan
usaha, mungkin hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lapangan pekerjaan
yang sangat sulit didapat sehingga beberapa orang lebih memilih untuk membuka
usaha sendiri.Dari banyak manfaat inilah yang kemudian memunculkan ide untuk
memperpanjang nilai ekonomis dari sepeda motor tersebut. Ada dua fokus
penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini; Pertama, Bagaimana
Strategi Penetapan Harga Yang Berlakudi Cuci Salju Sepeda Motor “Hikmah” di
Desa Trasak kecamatan Larangan kabupaten Pamekasan.Kedua; Bagaimana
Strategi Penetapan HargadiBawah Normal Yang Berlaku di CuciSaljuSepeda
Motor Hikmah Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.
Peneliti ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan peneliti
merupakan subyek utama dalam penelitian ini, sedangkan teknik pengumpulan
data-data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi,
Sumberdata dalam penelitian ini adalah pemilik dan karyawan cuci salju sepeda
motor Hikmah, sumber data pendukung dalam penelitian ini adalah brosur, dan
data lainnya. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah
analisis non statistik dan tahapan analisisnya meliputi reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi.
Hasil penelitianmenunjukkan: Pertama, Strategi Penetapan Harga Cuci
Salju Sepeda Motor Hikmah adalah menetapkan hargaapabila nilai harga itu
terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga
terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh penjual.Kedua,
Harga merupakan kunci pendapatan yang ada pada gilirannya merupakam kunci
keuntungan bagi suatu organisasi. Pendapatan adalah suatu yang dibayarkan untuk
setiap kegiatan perusahaan.Untuk mendapatkan keuntungan, para menejer harus
memilih suatu harga yang tak terlalu tinggi maupun terlalu rendah, suatu harga
yang sama dengan nilai presepsi bagi target konsumen. Jika suatu harga
ditetapkan terlalu tinggi dibenak konsumen, nilai presepsinya akan lebih kecil
dibandingkan dengan biayanya dan peluang akan hilang.
Tidak tersedia versi lain