Text
, “Perilaku Kerja Sama PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan Dan Baitul Maal Hidayatullah Unit Pembantu Penghimpunan (UPP) Pamekasan Dalam Pemasaran Produk Tabungan Qurban
ABSTRAK
Andri Wahyudi, 2016, “Perilaku Kerja Sama PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan Dan Baitul Maal Hidayatullah Unit Pembantu Penghimpunan (UPP) Pamekasan Dalam Pemasaran Produk Tabungan Qurban” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Sakinah, M.E.I.
Kata Kunci: perilaku, Kerja Sama, Pemasaran , Tabungan Qurban.
PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan merupakan lembaga yang bekerja sama dengan Baitul Maal Hidayatullah UPP Pamekasan pada produk tabungan qurban. Akan tetapi produk tabungan qurban di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan tidak unggul dari pada produk lain yang tidak melakukan kerja sama dengan pihak lain. Sehingga, mengkaji dari fenomena tersebut, maka yang menjadi pokok pembahasan dari peneliti yaitu bagaimana pemasaran yang dilakukan oleh PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dan Baitul Maal Hidayatullah Upp Pamekasan dalm memasarkan produk tabungan qurban. Serta bagaiamana bentuk kerja sama/ kolaborasi yang dilakukan oleh PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dan Baitul Maal Hidayatullah UPP Pmaekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini terdiri dari pimpinan kedua lembaga beserta pihak yang terkait pada kedua lembaga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Dalam upaya memasarkan produk tabungan qurban Pihak PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan memasarkan produk tabungan selaras seperti halnya memasarkan produk Tabungan yang lainnya. denga kata lain, pemasaran yang dilakukan tidak dibeda-bedakan, Dalam berinteraksi dengan nasabah atau calon nasabah, pihak Marketing selalu menyelipkan informasi mengenai produk tabungan qurban kepada nasabah atau calon nasabah. Selain memasarkan melalui media interaksi, marketing juga memasarkan produk melaui brosur, dan lain-lain, seperti halnya pada produk tabungan lainnya. Sedangkan Pemasaran yang dilakukan oleh Baitul Maal Hidayatullah UPP Pamekasan yaitu dalam uapayanya pihak marketing setiap periode melakukan sosialisasi berkenaan dengan kegiatan Baitul Maal Hidayatullah dalam ibadah qurban, Selain dengan sosilisasi, pihak marketing menyebarkan brosur seperti halnya PT. BPRS Sarana Prima Mandiri.Batul Maal Hidayatullah juga menerbitkan majalah dalam hal memberikan informasi kegiatan pada produk tabungan qurban.kedua, Dalam hal pemasaran, kerja sama pada kedua lembaga ini hanyalah pada bentuk brosur, yang mana dalam brosur diberikan spesifikasi dan pilihan bagi nasabah dalam hal perencanaan pada tabungan qurban. Selain itu, tidak ada lagi bentuk kegiatan yang dilakukan bersama dalam hal pemasaran pada produk tabungan qurban. Para marketing dari kedua pihak lemabaga perusahaan pun melakukan pemasaran secara sendiri. begitupun dalam mengadakan sosialisasi kepada masyarakat Kedua perusahaan melakukannya secara sendiri-sendiri.
Tidak tersedia versi lain