Text
Pengaruh Program Open Table dan Media Advertising terhadap Minat Masyarakat untuk menjadi Nasabah Tabungan “FAEDAH” (FAsilitas Serba Mudah) Di PT. Bank BRI Syariah KCP Pamekasan
ABSTRAK
Sahrilla Basri, 2016. Pengaruh Program Open Table dan Media Advertising terhadap Minat Masyarakat untuk menjadi Nasabah Tabungan “FAEDAH” (FAsilitas Serba Mudah) Di PT. Bank BRI Syariah KCP Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. H. Nashar, SE., MM., M.Si.
Kata Kunci: Program Open Table, Media Advertising, Minat Masyarakat
Perkembangan dan kemajuan industri perbankan merupakan suatu persaingan dalam merebut minat masyarakat untuk menabung di perbankan Syariah. Untuk mengenalkan produk tabungan “FAEDAH” (Fasilitas Serba Mudah) berbagai macam cara yang dilakukan oleh PT. Bank BRI Syariah KCP Pamekasan dalam merebut hati masyarakat. Cara memperkenalkan produk yang didigunakan PT. Bank BRI Syariah KCP Pamekasan diantaranya melalui bantuan program Open Table media Advertising (periklanan).
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui pengaruh program Open Table dan media Advertising terhadap minat masyarakat untuk menjadi nasabah Tabungan “FAEDAH” (Fasilitas Serba Mudah) di PT. Bank BRI Syariah KCP Pamekasan; kedua: peneliti ingin mengetahui variabel manakah yang paling dominan berpengaruh antara program Open Table dan media Advertising terhadap minat masyarakat untuk menjadi nasabah tabungan “FAEDAH” (Fasilitas Serba Mudah) di PT. Bank BRI Syariah KCP Pamekasan.
Sampel yang digunakan sejumlah 132, teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner (angket), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif untuk mencari pengaruh variabel independen dan dependen menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji statistiknya menggunakan uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Dari hasil pengelolaan data penelitian diperoleh regresi linear berganda Y = 13,033 + 0,309X1 + 0,083X2 + e dan besarnya pengaruh program Open Table dan media Advertising terhadap minat masyarakat adalah 2,8%. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa pada (X1) nilai thitung = 2,654 lebih besar dari ttabel = 1,978 dan uji t pada (X2) nilai thitung = 0,714 lebih kecil dari ttabel = 1,978 yang berarti program Open Table berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat, sedangkan berdasarkan uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (8,296 > 3,07) yang berarti bahwa program Open Table dan media Advertising berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat untuk menjadi nasabah tabungan “FAEDAH” (Fasilitas Serba Mudah) di PT.Bank BRI Syariah KCP Pamekasan. Berdasarkan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 2,8%, sedangkan sisanya 97,2% dijelaskan oleh variabel lain yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis.
Tidak tersedia versi lain