Text
Strategi Customer Value Dalam Peningkatan Jumlah Nasabah pada Produk Tabungan di Bank BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
R.Ayu Maria Ulfa, 2017, Strategi Customer Value Dalam Peningkatan Jumlah
Nasabah pada Produk Tabungan di Bank BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan,Skripsi, Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing:
H. Achmad Mulyadi M.Ag.
Kata Kunci : Customer Value, Peningkatan Jumlah Nasabah, Produk
Tabungan.
Nilai pelanggan ditentukan oleh pengukuran tidak hanya dari persepsi
pelanggan atas atribut produk tetapi juga ditentukan oleh manfaat sebagai sasaran
yang diharapkan pelanggan atas penggunaan suatu produk. Salah satu penerapan
CV di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan pada produk tabungan,
yaitu dengan memberikan layanan antar jemput. Adapun layanan antar jemput
dalam kegiatan funding di BPRS SPM Pamekasan adalah dengan cara karyawan
mendatangi lokasi atau tempat nasabah (penabung), kemudian dana penyetor
dimasukkan ke dalam perangkat lunak yang sering disebut collection, disetiap
handphone karyawan sudah dilengkapi dengan perangkat lunak tersebut.
Adapun dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian, yaitu: pertama,
Bagaimanakah cara pemenuhan kebutuhan nasabah pada produk tabungan di
BPRS SPM Pamekasan?, kedua, apa yang diperoleh BPRS SPM Pamekasan dari
penyedian strategi customer value tersebut?, ketiga, apakah strategi customer
value sudah sesuai dengan etika bisnis Islam?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah karyawan dan nasabah dari BPRS Sarana Prima
Mandiri (SPM) Pamekasan. Pengecakan keabsahan data dengan cara melakukan
ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian dari fokus pertama, yaitu: pertama, BPRS SPM
Pamekasan melakaukan riset pasar terlebih dahulu. Kedua, menyediakan
kebutuhan nasabah tabungan BPRS SPM Pamekasan, misalnya mencetak buku
tabungan dengan ketentuan BI. Ketiga, mempertahankan pelayanan yang baik dan
mengelola komplain nasabah denagn baik. Hasil penelitian fokus kedua, yaitu:
pertama, BPRS SPM Pamekasan mencapai kepuasan nasabahnya dengan
penerapan strategi customer value. Kedua, BPRS SPM Pamekasan menjaga
loyalitas nasabahnya dengan penerapan strategi customer value. Ketiga, jumlah
nasabah di BPRS SPM Pamekasan setiap tahunnya meningkat. Sedangkan hasil
penelitian ketiga, yaitu: pertama, semua aktivitas mendapat pengawasan dari DSN
MUI, melalui DPS. Kedua, setiap akad yang digunakan khususnya pada produk
tabungan tidak mengandung MAGHRIB dan sesuai prinsip-prinsip etika bisnis
Islam.
Tidak tersedia versi lain