Text
Pengaruh Prospek Investasi Emas Terhadap Motivasi Nasabah Pada Produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan
ABSTRAK
Selvi Safia, 2016, Pengaruh Prospek Investasi Emas Terhadap Motivasi Nasabah Pada Produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. ZainalAbidin, MEI
Kata Kunci: Prospek Investasi Emas, Motivasi Nasabah, Pegadaian Syariah.
Pegadaian syariah hadir di Indonesia dalam bentuk kerja sama Bank Syariah dengan Perum Pegadaian membentuk Unit Layanan Gadai Syariah di beberapa kota di Indonesia. Pegadaian syariah dalam menjalankan operasionalnya berpegang kepada prinsip syariah. Selain produk gadai pegadaian syariah mempunyai produk investasi emas. Prospek investasi emas merupakan harapan nasabah dalam investasi emas untuk memperoleh keuntungan. Dengan adanya prospek investasi emas dapat memotivasi nasabah untuk berinvestasi logam mulia. Motivasi nasabah merupakan orang atau badan usaha yang digerakkan dan diarahkan berdasarkan tujuan tertentu.
. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh prospek investasi emas terhadap motivasi nasabah pada produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan; kedua, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh prospek investasi emas terhadap motivasi nasabah pada produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana melalui uji t, uji R^2. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner, tekhnik sampel yang digunakan yaitu tekhnik accidental sampling, besarnya ukuran sampel menggunakan rumus slovin. Respondennya adalah nasabah investasi emas pada produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM) Pegadaian Syariah cabang Pamekasan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari prospek investasi emas di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan terhadap motivasi nasabahnya, terbukti dengan melihat hasil Uji-t bahwa nilai signifikansi dari variabel X (prospek investasi emas) adalah 0,003 di bawah 0,05 ( t tabel = 1,656. Melihat hasil koefisien korelasi (r) dengan hasil 0,249, hal ini berarti antara prospek investasi emas dan motivasi nasabah memiliki keeratan hubungan yang rendah. Selain itu, dengan melihat hasil koefisen determinasi (R2) pada kolom R square sebesar 0,062, artinya bahwa pengaruh prospek investasi emas terhadap motivasi nasabah Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan sebesar 6,2%. Sisanya 93,8% dipengaruhi oleh faktor lain, kemungkinan dilihat dari tingkat keuntungan (return) yang diperoleh, resiko (risk) yang dihadapi, dan pemilihan jangka waktu (the time factor).
Tidak tersedia versi lain