Text
Hubungan Selling Skill Karyawan Dengan Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pembantu Ambunten Kabupaten Sumenep
ABSTRAK
Ach. Mahfud Al-Haf, 2017, Hubungan Selling Skill Karyawan Dengan Minat
Nasabah Untuk Menabung Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar
Kantor Cabang Pembantu Ambunten Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Pembimbing: Fadllan.,
MA.
Kata Kunci: Selling Skill Karyawan, Minat Nasabah Menabung
Merekrut nasabah bukanlah suatu hal yang mudah untuk dicapai. Perlu
untuk melatih karyawan agar dapat terampil dalam melakukan penjualan melalui
kegiatan promosi produk yang akan di tawarkan kepada masyarakat atau calon
nasabah. Sehingga, nasabah dapat mengenal, percaya, berminat ataupun tertarik
untuk menabung di bank tersebut khususnya di BPRS Bhakti Sumekar KCP
Ambunten Kabupaten Sumenep. Namun, tidak jarang ada beberapa karyawan
yang kurang begitu terampil dalam hal menjual dan memasarkan produk yang
ditawarkan kepada calon nasabahnya. Hal inilah yang menyebabkan respon
masyarakat menjadi kurang begitu berminat dan tertarik terhadap produk yang
ditawarkan, baik untuk melakukan kegiatan peminjaman dana maupun untuk
menabung. Untuk itu, diperlukan suatu keterampilan menjual yang efektif yang
harus dimiliki oleh karyawan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, ada dua permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama, apakah ada hubungan antara
Selling Skill karyawan dengan minat nasabah untuk menabung di BPRS Bhakti
Sumekar KCP Ambunten Kabupaten Sumenep. Kedua, seberapa besar hubungan
antara Selling Skill karyawan dengan minat nasabah dalam pengambilan
keputusan untuk menabung di BPRS Bhakti Sumekar KCP Ambunten Kabupaten
Sumenep. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hubungan Selling
Skill karyawan dengan minat nasabah untuk menabung di BPRS Bhakti Sumekar
KCP Ambunten Kabupaten Sumenep. (2) untuk mengetahui seberapa besar
hubungan antara Selling Skill karyawan dengan minat nasabah dalam pengambilan
keputusan untuk menabung di BPRS Bhakti Sumekar KCP Ambunten Kabupaten
Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif analisis korelasional.
Sumber data diperoleh dari hasil penyebaran angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Jumlah populasi pada penelitian ini kurang lebih sebanyak 1500 orang, dan jumlah
sampel sebanyak 94 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat
pengaruh yang signifikan antara Selling Skill karyawan dengan minat nasabah untuk
menabung di BPRS Bhakti Sumekar KCP Ambunten Kabupaten Sumenep dengan hasil
nilai rhitung > rtabel yakni 0,662 > 0,202 di tingkat signifikansi 5% dan sebesar 0,170 di
tingkat signifikansi 1%, dengan jumlah subjek 94 responden. Hal ini ditandai juga dengan
tabel interpretasi “r” Product Moment yang berada antara 0,40 – 0,70 dengan interpretasi
yang cukup berarti atau sedang
Tidak tersedia versi lain