Text
Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Online di Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Ummat (BMT NU) Cabang Bluto Sumenep
ABSTRAK
Nurul Jamilah, Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Online di Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Ummat (BMT NU) Cabang Bluto Sumenep, Program Studi Perbankan Syariah (PBS), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing H. Moh. Bashri Asyari, MA.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Media Online.
Strategi pemasaran adalah cara yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa untuk menarik minat konsumen sehingga produk atau jasa tersebut laku atau terjual. Dalam hal in perusahaan menentukan konsumen mana yang akan dipilih untuk dilayani, selanjutnya mengelompokkan pasar dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil dan melayani yang menguntungkan. Media Online merupakan jaringan internet yang digunakan sebagian besar masyarakat dalam kehidupan sehari-hari baik untuk kepenting pribadi atau kepenting umum.
Berdasarkan hal tersebut ada dua fokus yang dijadikan penelitian, yaitu: a) Bagaimanakah strategi pemasaran produk melalui media online di BMT NU Cabang Bluto Sumenep. b) Apa saja kendala dan peluang yang di hadapi dalam melaksanakan strategi pemasaran produk melalui media online di BMT NU cabang Bluto Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah karyawan dan mitra BMT NU Cabang Bluto Sumenep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Online di BMT NU Cabang Bluto Sumenep. Masyarakat menyambutnya dengan respon yang positif dengan bergabungnya sebagai mitra di BMT NU. Masyarakat yang awalnya tidak mengetahui apa itu BMT beserta produk yang ditawarkan dari program inilah masyarakat dari dalam kota maupun dari luar kota sumenep sedikit banyak yang mulai mengetahui tentang BMT NU dan produk-produk yang ditawarkan dengan berlandaskan syariah dan berminat untuk menjadi mitra di BMT NU. Kendala yang dihadapi dalam strategi pemasaran produk melalui media online terkendala pada jaringan serta masyarakat yang belum bisa menggunakan teknologi, meskipun demikian tetap banyak calon mitra yang ingin bergabung dengan BMT NU Cabang Bluto Sumenep. Peluang yang dirasakan yaitu adanya peningkatan jumlah mitra yang sampai saat ini terhitung kurang lebih sebanyak 1000 orang.
Tidak tersedia versi lain